Temu Alumni PGPAUD UPI: Elis Wartini Terpilih sebagai Ketua IKA UPI Komisariat PGPAUD, Bersama Ratusan Alumni Hadir dalam Silaturahmi Akbar

Jabartrust, Bandung – Ratusan alumni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berkumpul dalam Silaturahmi Akbar di kampus Bumi Siliwangi pada pagi hari Minggu, 24 Desember 2023. Acara ini bukan hanya menjadi panggung reuni, tetapi juga ajang pemilihan Ketua Ikatan Alumni (IKA) UPI Komisariat PGPAUD untuk periode 2023-2028.

Elis Wartini, seorang alumni angkatan 1999 yang kini menjabat sebagai Kepala Taman Kanak-kanak Al-Azhar di Kota Baru Parahyangan, terpilih sebagai Ketua IKA UPI Komisariat PGPAUD setelah meraih suara mayoritas. Elis pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa PGTK UPI saat masih menjalani pendidikan diploma dua dekade lalu.

Dalam perkembangannya sejak pendiriannya pada tahun 1996 dengan nama Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK), program ini telah menghasilkan 23 angkatan. Semua angkatan turut memenuhi aula Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Gedung Geugeut Winda, kampus Bumi Siliwangi. Bahkan, Tita Solehuddin, Ketua Darma Wanita Persatuan UPI dan istri Rektor UPI Profesor Solehuddin, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga :  PWI dan IKWI Cianjur bagikan takjil untuk pengendara serta berikan santunan untuk Yatim Piatu keluarga Wartawan

Tidak hanya dihadiri oleh para alumni, Silaturahmi Akbar PGPAUD juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal IKA UPI Najip Hendra SP, Ketua Prodi PGPAUD Yeni Rachmawati, serta sejumlah dosen senior. Para alumni yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Padang (Sumatera Barat) dan Solo (Jawa Tengah).

Usai terpilih, Elis menyatakan kebanggaannya atas partisipasi yang sangat tinggi dari alumni PGPAUD. Meski tanpa maksud untuk mencalonkan diri, ia bersedia mengemban tanggung jawab sebagai Ketua IKA UPI Komisariat PGPAUD dengan syarat mendapatkan dukungan penuh dari seluruh alumni selama lima tahun ke depan.

Di lain pihak, Tita Solehuddin, yang merupakan mahasiswa angkatan kedua, menyampaikan rasa bangga dan harunya bisa berkumpul kembali dengan teman-teman sejawat selama masa kuliah. Ia juga menegaskan harapannya agar pertemuan tersebut tidak hanya menjadi acara reuni semata, melainkan juga wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ajak PPDI Sukseskan Pilkada

Sementara Ketua Prodi Yeni Rachmawati menyampaikan kebahagiannya dalam menyaksikan antusiasme para alumni yang berbondong-bondong kembali ke kampus. Yeni juga berharap agar ke depannya, kehadiran para alumni bukan hanya untuk bertemu kembali dalam reuni, tetapi juga untuk berkontribusi dalam pembelajaran bagi mahasiswa.

Najip Hendra SP, Sekretaris Jenderal IKA UPI, memberikan apresiasi terhadap inisiatif para alumni PGPAUD dalam membentuk pengurus komisariat. Ia meyakini bahwa kolaborasi antara alumni dan almamater merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan sebuah perguruan tinggi.

Tak hanya itu, Najip juga menjelaskan bahwa IKA UPI sedang melakukan pendataan anggota dan konsolidasi organisasi. Selain itu, mereka aktif menggalang dana publik untuk disalurkan dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa UPI dalam tiga kategori yang berbeda.

Baca Juga :  Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Ternyata Video Lama

Melalui kesempatan tersebut, Najip mengundang seluruh alumni untuk menjadi donatur dalam program beasiswa tersebut, yang bertujuan untuk memberikan bantuan bagi mahasiswa, khususnya para mahasiswa PGPAUD. (Nonu)