Tingkatkan Kewaspadaan, Pemkab Tasik Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Simulasi Penanganan Gempa Bumi.

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memimpin apel Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2024, di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Senin (6/5/2024).

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto selaku Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan jika kegiatan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat agar senantiasa siap dan tanggap dalam menghadapi situasi darurat. Ade Sugianto juga memberikan apresiasi yang setiggi-tingginya atas diselenggarakannya apel Kesiapsiagaan Bencana oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya berharap melalui latihan-latihan seperti ini, masyarakat dapat lebih waspada, siap, siaga dan memiliki pengetahuan dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi” ujar Bupati Ade Sugianto.

Baca Juga :  Penjabat Gubernur Bey Machmudin Cek Lokasi Terdampak Gempa di Garut

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ade Sugianto juga mengingatkan agar masyarakat selalu siap siaga karena Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak potensi bencana, hal tersebut dikarenakan kondisi geografis Kabupaten Tasikmalaya yang dikelilingi banyak pegunungan dengan lereng, tebing dan jurang.

“Edukasi menjadi sangat penting untuk menjadikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Potensi bencana alam Kabupaten Tasikmalaya cukup tinggi. Patut kita lakukan kesigapan melalui latihan yang terus menerus. Mudah-mudahan ini menjadi upaya kita, bersama-sama dalam mengatasi permasalahan dilingkungan kita sendiri.” kata Bupati Ade Sugianto.

Sementara, itu Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan, pihaknya sebagai Wakil Bupati Tasikmalaya siap membantu Bupati Tasikmalaya dalam mengkoordinasikan dan memastikan wilayah Kabupaten Tasikmalaya ada dalam kondisi baik.
“Karena Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki potensi kerawanan bencana yang sangat tinggi, ada gunung galunggung yang masih aktif, longsornya, banjirnya dan tsunami,” jelas Cecep.

Baca Juga :  Bey Machmudin Mendorong Penerapan Prokes di Tengah Lonjakan Kasus COVID-19

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan simulasi penanganan Bencana Gempa Bumi di halaman kantor Bupati Tasikmalaya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh sektor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Hadir dalam kesempatan ini, unsur Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya, para Kepala SKPD dan Direktur BUMD Kabupaten Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.*(yudie)