Tinjau Korban Gempa, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Salurkan Bantuan

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto didampingi Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya beserta jajaran aparat terkait meninjau beberapa titik terdampak gempa di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu 28 April 2024.

Salah satu bangunnan terdampak gempa bermagnitudo 5,2 SK yang dikunjungi Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto adalah Gedung Pramuka yang terletak di kecamatan Mangunreja. Kerusakan gedung yang digunakan untuk kegiatan Kwarcab pramuka ini cukup parah, selain pafon gedung ambrol, beberapa kaca gedung juga pecah. Hal ini sempat menimbulkan kepanikan, sebab pada saat gempa bumi terjadi, jajaran pengurus Kwarcab Tasikmalaya tengah melaksanakan rapat.

“Pas kejadian lagi ada kegiatan rapat dan Alhamdulillah semua selamat tidak menimbulkan korban,” ungkap Engkos Koswara, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kab.Tasikmalaya saat di temui di Gedung Pramuka usai evakuasi material reruntuhan gedung, Minggu 28 April 2024.

Baca Juga :  BRIN Apresiasi BKKBN Jawa Barat Berencana Inisiasi Riset Efektivitas Peran Tim Pendamping Keluarga

Saat dilakukan peninjauan, kondisi gedung pramuka sudah dalam keadaan bersih dan rapi dari serakan puing-puing reruntuhan. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto pun bersama rombongan bertolak ke Kecamatan Cibalong untuk meninjau salah satu rumah warga di Kampung Cigordah, Desa Singajaya, Kecamatan Cibalong yang rusak dengan sebagian besar bangunan rubuh akibat diguncang gempa.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto berusaha menguatkan hati para korban dan masyarakat sekitar yang terdampak. Bupati Ade Sugianto juga turut menyalurkan langsung bantuan logistik, berupa air mineral, sembako, dan tenda gulung.

“Diharapkan pemerintah dan masyarakat dapat bahu membahu saling menguatkan agar kita semua dapat melewati semua ini dengan baik,” kata Bupati Ade Sugianto.

Baca Juga :  Dinsos Jabar-Kemensos Salurkan Bantuan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir Bandang Cimahi

Berdasarkan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, dampak gempa bumi 5.2 SK di Kabupaten Garut mengakibatkan sedikitnya 19 rumah dan 4 fasilitas umum di Kabupaten Tasikmalaya terdampak gempa dengan kerusakan sedang hingga parah, yang tersebar di 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Adapun jumlah jiwa yang terdampak berjumlah 51 jiwa dan 18 KK. *(yudie)