Sering Terjadi Kemacetan, Dishub Kota Cimahi Benahi Parkir Liar

Petugas Dishub Kota Cimahi menertibkan parkir liar
Petugas Dishub Kota Cimahi menertibkan parkir liar

JABARTRUST.COM, CIMAHI – Salah satu faktor pemicu terjadinya kemacetan di kota Cimahi yaitu keberadaan parkir liar di sejumlah titik kota Cimahi. Mengantisipasi adanya parkir liar,Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mengatakan akan terus melakukan pembenahan parkir di Kota Cimahi.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dishub Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi mengatakan, parkir liar menjadi salah satu penyebab kemacetan di sejumlah titik di Kota Cimahi.

“Untuk itu, kami melakukan pengawasan rutin agar para pengguna jalan bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” kata Nur Effendi pada jum’at (17/2/2023).

Pihaknya meminta kesadaran masyarakat, untuk mematuhi peraturan lalu lintas, dan tidak memarkirkan kendaraannya di sembarangan tempat.

Baca Juga :  Kasusnya Dihentikan, Nasabah Manulife Lapor Polisi Terkait Klaim Asuransi

“pas ada petugas baru tertib, Gak ada petugas masyarakat melanggar. Jadi harus ada kesadaran masyarakat juga, percuma kalau ngarepin petugas,” jelasnya.

Selain itu,sebelum melakukan Gakum pihaknya juga kerap melakukan sosialisasi dan monitoring.

“Kita sudah sering melaksanakan sosialisasi melalui monitoring dan evaluasi pada para pelanggar terhadap rambu lalu lintas” ungkapnya.

Pihaknya juga akan terus menertibkan parkir liar tersebut, kendaraan yang kedapatan melanggar akan diberikan sanksi seperti penggembokan dan dipasangi stiker peringatan.

“Sebenarnya banyak kendaraan yang terparkir di lokasi yang dilarang. Kalau melarang kita akan beri sanki seperti penggembokan dan di pasang stiker peringatan,” katanya.

Diakui Muhammad Nur Effendi, masih banyak pengemudi yang memarkirkan kendaraannya di marka yang dilarang. Hal itu menjadi salah satu penyebab kemacetan di Kota Cimahi.

Baca Juga :  Rusdi Taher Laporkan Mantan Gubernur Sulteng Terkait SARA

“Kami banyak terima keluhan dari masyrakat terkait kemacetan. Salah satu faktor terjadi kemacetan adalah parkir, masyarakat menggunakan bahu jalan untuk parkir,” pungkasnya. (aditya)