Penanaman Serentak di Kawasan Bandung Utara (KBU) Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung

Jabartrust.com, Bandung, – Pada tanggal 11 Januari 2024, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan surat yang menekankan pentingnya penanaman serempak di seluruh provinsi se-Indonesia. Menyusul surat tersebut, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan Penanaman Serentak di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Penanaman serentak ini adalah langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati di kawasan Bandung Utara. Melibatkan masyarakat, pemerintah daerah berharap menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Selain itu, penanaman serentak ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Harapannya, melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian alam dan berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga :  Pemda Jawa Barat Siap Hadapi Nataru: Ajukan Penambahan Kuota BBM untuk Memastikan Kebutuhan Terpenuhi

Tidak hanya memiliki dampak lingkungan, penanaman serentak ini juga diharapkan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Penanaman pohon di kawasan Bandung Utara diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata dan menciptakan lapangan kerja baru.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas lokal, sekolah, dan organisasi lingkungan. Penanaman dilaksanakan secara massif pada wilayah Kawasan Bandung Utara (Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung) dari tanggal 19 hingga 27 Januari 2024. Jumlah bibit yang telah ditanam mencapai 27.240 batang atau setara dengan 68,10 Hektar, dengan jenis bibit kayu-kayuan (Mahoni Uganda, Albasia, Suren, dan tanaman-tanaman endemik) serta jenis bibit produktif (Kopi, Alpukat, Jengkol, Durian).

Baca Juga :  Relawan RUMI Beri Warna pada Kampanye Prabowo-Gibran di GBLA

Dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman serentak ini, dibutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat. Setiap individu dapat berperan dalam menjaga lingkungan hidup dengan melakukan tindakan sederhana seperti menanam pohon di sekitar rumah atau mengurangi penggunaan plastik.

Dengan adanya kegiatan penanaman serentak di Kawasan Bandung Utara, Bandung Barat, dan Kota Bandung, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau, sehat, dan lestari. Kegiatan ini juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Mari kita bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan penanaman serentak ini dan menjadi agen perubahan untuk lingkungan hidup yang lebih baik. Bersama, kita dapat mewujudkan lingkungan yang hijau dan lestari untuk generasi mendatang. (Red).

Baca Juga :  Viral Aksi Geng Motor di Gang Wirta Bandung, Warga Sempat Duel Baca artikel detikjabar, "Viral Aksi Geng Motor di Gang Wirta Bandung, Warga Sempat Baku Hantam!