30 Warga Thailand Tewas, Ribuan Sekolah di Filipina dan Bangladesh Tutup Akibat Heatstroke

JABARTRUST.COM, FILIPINA, – Otoritas di hampir seluruh negara Asia telah mengeluarkan peringatan kesehatan kepada masyarakat untuk menghindari risiko fatal akibat potensi serangan panas atau heatstroke.

Gelombang panas telah melanda Filipina dalam seminggu terakhir, dengan suhu mencapai 45 derajat Celcius. Lebih dari seribu sekolah kemudian meminta siswanya untuk belajar di rumah sementara.

Di Thailand, setidaknya 30 orang telah meninggal karena serangan panas sepanjang tahun ini. Sementara di Kamboja, Myanmar, Vietnam, India, hingga Bangladesh, suhu panas bisa melebihi 40 derajat Celcius dalam beberapa hari mendatang.

Penelitian ilmiah yang ekstensif menemukan bahwa perubahan iklim telah menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, lebih sering, dan lebih intens. Myanmar mencatat suhu 3 hingga 4 derajat Celcius lebih tinggi dibandingkan rata-rata bulan April, menurut pemantau cuaca pekan lalu.

Baca Juga :  Pemberian Gelar Kehormatan "Dangmagai" Dari Suku Damal Kepada Dansatgas TNI 300 Siliwangi di Mayuberi Papua