13 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Gempa Garut, Terbanyak di Kecamatan Banjarsari

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 6,2 yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB, dan berpusat di 151 km Barat Daya Garut, tidak hanya menimbulkan kepanikan di kalangan warga, tetapi juga mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah di Kabupaten Ciamis.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, setidaknya 13 rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Kerusakan terbanyak terjadi di Kecamatan Banjarsari.

Di Kecamatan Banjarsari, tujuh rumah warga terdampak gempa, dengan empat di antaranya berlokasi di Desa Ratawangi dan tiga lainnya di Desa Cicapar.

Di Desa Ratawangi, rumah milik Suyatman (49) di Dusun Cangkring mengalami kerusakan ringan pada bagian dapur, sementara rumah Sekretaris Desa Ratawangi, M. Sururudin (58), di Dusun Merjan mengalami kerusakan serius pada bagian joglo. Selain itu, rumah milik Samingan (69) dan rumah Warsah di Dusun Merjan juga mengalami kerusakan akibat gempa.

Baca Juga :  Partai Golkar memastikan 10 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Bogor di Pemilu 2024.

Di Desa Cicapar, rumah milik Satiman (69) di Dusun Tegalsari mengalami retakan pada dinding bagian belakang, sedangkan rumah Ujang Sutarma (57) di Dusun Tegalsari mengalami kerusakan sedang pada bagian dinding belakang. Rumah Azid di Dusun Tegalsari juga terdampak gempa.

Di Kecamatan Pamarican, dua rumah warga juga terdampak gempa, yaitu rumah milik Nadikun di Dusun Tugusari, Desa Sukamukti, dan rumah yang dihuni Sain di Dusun Kertajaga, Desa Sukamaju.