Ambruk 1 Bulan, PUPR Subang Lamban Perbaiki Jembatan Cilamatan

JABARTRUST.COM, Subang – Satu bulan setelah ambruk, jembatan Cilamatan, di Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih belum diperbaiki. Akibatnya, aktivitas ribuan warga di 3 Desa terganggu
Belum ada tanda-tanda perbaikan akan dilakukan terhadap jembatan Cimenteng di Desa Sukahurip, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang. Jembatan sepanjang 25 meter ini ambruk pada 25 Desember 2023 lalu, akibat hantaman arus sungai setelah hujan deras yang mengguyur.

Dari pantauan di lokasi jembatan yang ambruk itu, beberapa sisa tiang jembatan saat ini sudah raib.

Ribuan warga di 3 Desa yakni Desa Sukahurip, Cimenteng, dan Desa Cikadu yang sehari-hari menggunakan jembatan tersebut untuk beraktivitas sehari-hari hanya pasrah.

Akibat jembatan Cilamatan yang ambruk ini, warga yang ingin menuju kawasan kota harus memutar lebih jauh. Sebab, jembatan yang selama ini dijadikan jalan alternatif tidak bisa dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :  Natal dan Tahun Baru di Jabar, Kesejahteraan dan Ketenangan Merayap di Setiap Sudut

“Sampai sekarang jembatan ini belum diperbaiki oleh pemerintah daerah dalam hal ini PUPR Kabupaten Subang. Padahal jembatan sudah ambruk satu bulan lalu. Sehingga warga di sini kesulitan jika ingin ke kawasan kota,” terang Warga sekitar Encu Syamsudin. Kamis (25/1/2024).

Encu berharap, pemerintah daerah segera memperbaiki jembatan sepanjang 25 meter itu. Pasalnya, keberadaan jembatan sangat dibutuhkan masyarakat sebagai jalan alternatif menuju kawasan kota.

“Akibat jembatan yang ambruk belum diperbaiki, membuat aktivitas warga di sini terganggu. Kami meminta Pemkab untuk segera memperbaiki jembatan,” pungkasnya.

Senada dengan warga, Kepala Desa Sukahurip Denny Syetiawan Permadhy, menyatakan tak kunjung diperbaikinya jembatan di Desa Sukahurip ini sangat disayangkan, terlebih jembatan Cilamatan ambruk itu akibat bencana.

Baca Juga :  Jelang Pileg dan Pilpres DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya Mantapkan Saksi TPS

“Saya kira, Pemkab Subang tidak perlu lama untuk membangun kembali jembatan di desa kami ini, apalagi saya denger, lamanya pembangunan kembali jembatan ini akibat banyak regulasi yang harus dilewati. Ini kan ambruknya jembatan itu akibat bencana,” ungkap Denny.

Denny berharap Pemkab Subang segera memperbaiki Jembatan Cilamatan tersebut, sebab jembatan itu sangat vital bagi aktivitas perekonomian warga di 3 Desa di Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang.*(Harry)