Perumahan Bumi Citra Indah 2 Terendam, Warga Tuntut Pengembang Tanggung Jawab

Jabartrust.com, Bandung barat,- Banjir Terjang Perumahan di Bandung Barat, Warga Tuntut Pengembang Bertanggung Jawab

Banjir yang melanda sejumlah perumahan di daerah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada hari Minggu, 26 November 2023. Banjir disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 17.50 WIB hingga kurang lebih pukul 22.10 WIB. Akibatnya, rumah-rumah warga terendam air setinggi lutut.

Salah satu perumahan yang terkena banjir adalah Perumahan Bumi Citra Indah 2 Cipatik. Warga perumahan ini mengaku kesal dan kecewa dengan pengembang perumahan PT. Bestow Harapan Indah. Mereka menuding pengembang tidak bertanggung jawab atas dampak banjir tersebut. Warga mengklaim bahwa banjir terjadi karena pengembang tidak memperhatikan sistem drainase dan saluran air di perumahan. Selain itu, warga juga menyalahkan pembangunan proyek baru di sekitar perumahan.

Baca Juga :  Warga Kurang Mampu Sangat Terbantu Khitanan Gratis MGMP IPA Subang

Beberapa warga korban banjir mengungsi, terutama ibu-ibu dan balita mengungsi ke Masjid dikarenakan rumah mereka tidak bisa ditinggali. Sedangkan kepala keluarga tetap berjaga di rumah meskipun terendam karena masih rawan pencurian.
Dan sebagian warga lagi mengungsi ke rumah saudara atau tetangganya.

Untuk menyuarakan aspirasi mereka, beberapa warga korban banjir menggelar demonstrasi ke kantor pengembang perumahan, Senin, 27 November 2023 siang. Warga meminta agar pengembang segera menghentikan sementara pembangunan proyek baru dan memperbaiki fasilitas umum di perumahan, khususnya sistem drainase dan saluran air.

Perwakilan pengembang perumahan akhirnya menemui warga untuk melakukan mediasi. Pengembang mengaku akan menindaklanjuti tuntutan warga. Pengembang juga mengklaim bahwa pembangunan proyek baru tidak berpengaruh terhadap banjir di perumahan. Pengembang menambahkan bahwa banjir merupakan bencana alam yang tidak bisa diprediksi dan dihindari.

Baca Juga :  Imbauan dari PT KCIC: Awas Penipuan! Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Hanya dari Saluran Resmi

Sementara itu, pihak pengembang juga langsung menurunkan alat berat guna mengantisipasi banjir berulang. Alat berat digunakan untuk membersihkan lumpur dan sampah yang menutupi saluran air di perumahan.