Razia Pengepul Anjing di Subang: 30 Anjing Terjaring Dalam Aktivitas Berburu

Jabartrust, Bandung – Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten dan Polres Subang menggelar razia ke pengepul anjing yang diduga menjadi pemasok ke Jawa Tengah. Di lokasi, ditemukan 30 anjing yang disiapkan untuk dijual. Kegiatan jual-beli anjing dari Subang ke Jawa Tengah diduga dilakukan oleh sejumlah pengepul di Subang.

Tim gabungan, yang terdiri dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang dan Polres Subang, melakukan inspeksi di tempat penjualan anjing di Desa Buniayu, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Petugas menemukan puluhan anjing terkurung dalam kandang.

Erlinawati Pasaribu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, mengungkapkan tujuan kunjungan mereka. “Kami datang ke sini untuk menginvestigasi berita penampungan anjing di Desa Buni Hayu. Ada sekitar 30 anjing di sini, yang pemiliknya mengklaim untuk aktivitas berburu,” ujarnya.

Baca Juga :  IPKB Ambil Peran Turunkan Stunting

Dalam pemeriksaan di lokasi, petugas langsung memeriksa kondisi anjing dan memberikan vaksin rabies. Nurdin, seorang pengepul, menyatakan bahwa mereka mengumpulkan dan menjual anjing ini sejak 1982, bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk dijual dan kemudian dijadikan anjing untuk berburu. Meskipun ditemukan puluhan anjing, belum ada tindakan resmi yang diambil terhadap para pengepul anjing tersebut.