Waspada, 27 Warga Subang Digigit Ular 1 Diantaranya Meninggal

JABARTRUST.COM, Subang – Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Jabar mencatat 27 warga Kabupaten Subang sejak bulan September 2023 hingga Desember 2023 digigit ular berbisa, satu diantaranya Ahmad (52), warga Wesel, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang meninggal dunia akibat terlambat mendapatkan perawatan medis.

“Kami mencatat ada 27 warga Kabupaten Subang digigit ular berbisa. Bahkan, 1 orang diantaranya meninggal dunia di RSUD Subang. Korban yang meninggal akibat digigit ular berbisa di tangan bagian kanan saat membersihkan sampah,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi (15/13/2023).

Menurut dr Maxi, pihaknya merasa prihatin masih banyaknya warga di Kabupaten Subang menjadi korban gigitan ular berbisa itu.

“Sebagai pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang selalu menyediakan obat anti bisa ular di RSUD Subang guna menyelamatkan warga,” kata Maxi.

Baca Juga :  Culik Anak Majikan, Kisah ART Berakhir di Penjara

Dalam kasus gigitan ular hingga menyebabkan korban meninggal, menurut Maxi, biasanya karena adanya kesalahan penanganan awal.

“Ketika digigit ular harusnya korban tidak dimobilisasi, tidak ada gerakan. Supaya bisa ular tidak menyebar dari titik gigitan ke organ tubuh lainnya,”katanya

Masih menurut dr Maxi, ketika digigit ular harus segera lakukan beberapa hal, seperti tenang dan segera lakukan pertolongan awal. Kurangi pergerakan dan memasang bidai dari kayu, bambu atau kardus. Setelah itu panggil ambulans bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Sedangkan hal-hal yang harus dihindari ketika digigit ular, yakni ke dukun, dipijat, ditoreh/dikeluarkan darahnya, diikat, menggunakan obat herbal, ditusuk jarum di bekas gigitan, dikasih bawang merah, direndam air garam, memakai kejutan listrik, memakai batu hitam dan dihisap/ disedot.

Baca Juga :  (Panwaslu) Kecamatan Langensari, Kota Banjar, gelar Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilu tahun 2024

Untuk menghindari dari gigitan ular, selain jangan panaik, masyarakat juga diminta memakai alat pengamanan diri. Menjaga rumah tetap bersih dari hewan yang dapat dimakan ular seperti tikus, kayak, unggas. Hindari tidur di lantai/tanah, sebaiknya tidur ditempat tidur yang tinggi dan menggunakan kelambu. Selalu membawa lampu penerangan dimalam hari agar dapat melihat kondisi sekitar.*(Harry)