4 Isu Program Strategis Diskominfo Kota Cimahi

JABARTRUST.COM,CIMAHI,- Guna menyingkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dalam hal perumusan program yang akan dilaksanakan.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi menggelar Forum Perangkat Daerah (FGD) bertempat di Aula Gedung A Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Kamis (16/02/2023).

Dengan diadakannya FGD maka kegiatan tersebut akan selaras dengan program dan kegiatan perangkat daerah kota dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang di kecamatan.

Selain itu diharapkan dapat mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah kota sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan mengatakan Ada empat isu yang akan menjadi perhatian Diskominfo yakni optimalisasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, optimalisasi implementasi keterbukaan informasi publik, peningkatan keamanan informasi, dan peningkatan kualitas data statistik yang terintegrasi.

Baca Juga :  Jasa Raharja Jawa Barat Turut Serta dalam Pemantauan Jalur Mudik Lebaran 2023 di Pantai Selatan Pelabuhan Ratu s/d Pangandaran, Jawa Barat Bersama Korlantas Polri

Berdasarkan isu tersebut, maka prioritas pembangunan Diskominfo untuk penguatan tata kelola pemerintahan,inovasi pelayanan publik melalui penyelenggaraan urusan komunikasi dan infromatika, persandian dan statistik.

“Peningkatan kualitas penyelenggaraan Reformasi Birokrasi serta peningkatan kualitas data statistik sektoral yang terintegrasi, Untuk kualitas pelayanan publik,” ujar Dikdik.

Melalui FGD ini Dikdik meminta seluruh instrument perangkat daerah dapat bersinergi untuk mendukung seluruh pemangku kepentingan.

“Seluruh perangkat daerah harus berpartisipasi dan memberikan masukan atau pun dukungan sebagai bahan penyusunan Rencana kegiatan Diskominfo Tahun 2024,”Tandasnya

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Cimahi, Hendra Gunawan Mengatakan bahwa Diskominfo akan fokus pada empat isu tersebut dengan melakukan langkah percepatan terutama dalam hal yang berhubungan dengan masyarakat.

Baca Juga :  PMK terkendali Harga daging sapi di Pasar stabil

Selain itu pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Statistik dengan melakukan Replikasi Satu Data Indonesia.

” Langkah ini untuk memudahkan semua pemangku kepentingan dalam mencari data sektoral yang akurat dan untuk mendorong peningkatan Keterbukaan Informasi Publik agar mendapatkan kategori informatif,” ujar hendra

Selain itu pihaknya juga akan mengembangkan dashboard Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), diharapkan dapat meningaktkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.*(Red).