Akibat Cuaca Extreem Perahu nelayan Kebalik, Evakuasi Dramatis

JABARTRUST.COM, PANGANDARAN  – Hendak pulang melaut, sebuah perahu milik nelayan di Pangandaran mengalami kecelakaan laut.

Pantauan dilapangan saat evakuasi perahu terbalik milik nelayan Muaragatah, cuaca berjalan Extreme.

Perahu terbalik saat di evakuasi terlihat sangat berat, keren posisi dipenuhi air laut, proses evakuasi pun dilakukan oleh dua perahu saling menarik. Proses evakuasi perahu tersebut memakan waktu hingga 3 jam.

Diketahui, kejadian ini terjadi di perairan Muaragatah saat perahu tersebut hendak mendarat Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Muaragatah, Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran pada Senin 20 Februari 2023 dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya perahu dan alat tangkapnya mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Uu Ruzhanul Gelorakan Semangat Pembangunan Jabar dalam Safari Ramadhan Pangandaran

Ketua rukun nelayan Muaragatah, Atang (46) mengatakan, kejadian terjadi saat dua nelayan hendak pulang ke daratan dengan kondisi malam.

“Karena terlalu malam dan kondisi ombak lagi naik, ada ombak besar itu tidak ketahuan dan akhirnya langsung membalikkan perahunya,” kata Atang di TPI Legokjawa, Senin 20 Februari 2023 siang.

Kebetulan, kata Ia, nelayan bernama Dahlan bersama satu rekannya telah beroperasi mencari ikan di tengah laut.

“Tapi, pas pulang, perahunya malah dihantam ombak besar. Tapi alhamdulilah, ABK’nya selamat dan bisa ke daratan,” ucapnya.

Sementara, akibat kondisi ombak di Muaragatah sangat besar, perahunya yang terbalik harus dievakuasi dan dibawa ke bibir pantai Legok Jawa.

Baca Juga :  Jasa Raharja Perwakilan Tasikmalaya Hadir Dalam Apel Akbar Polres Tasikmalaya

“Karena, badan perahu, alat tangkap dan gensetnya rusak, kerugian ditaksir sekitar Rp 10 juta,” tuturnya. ***(ntangsr)