Alokasi Dana Desa Meningkatkan Infrastruktur di Desa Sukamaju, Kabupaten Pangandaran

JABARTRUST.COM, PANGANDARAN, – Alokasi dana desa di Kabupaten Pangandaran terus berjalan dengan baik, memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, seperti yang tampak di Desa Sukamaju, Kecamatan Mangunjaya. Kepala Desa Sukamaju, Salikin, melalui juru bicaranya, Apri, telah memberikan rincian tentang bagaimana dana desa telah diarahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan proyek-proyek yang telah diajukan sebelumnya.

Menurut Apri, alokasi dana desa di Desa Sukamaju diterapkan secara merata di seluruh dusun, termasuk tahap satu dan tahap dua. “Pada tahap pertama, kami telah mengalokasikan dana untuk dua titik utama, termasuk pengadaan TPT, lapangan voli, dan sarana UMKM yang ada di desa,” kata Apri. “Saat ini, pada tahap kedua, kami fokus pada proyek pengecoran jalan di berbagai dusun. Dari sembilan lokasi yang ditargetkan, enam di antaranya sudah selesai, sementara tiga lainnya masih dalam proses pengerjaan.”

Baca Juga :  Ridwan Kamil Bakal Resmikan Situ Rawa Kalong Depokhoaks terkait imunisasi

Apri juga menekankan bahwa salah satu proyek pengecoran jalan yang paling jauh adalah di Dusun Kedung Kuda Cibeureum dengan panjang mencapai 194 meter. “Alhamdulillah, pengerjaan pengecoran ini telah mencapai tahap akhir, dengan bantuan swadaya dan partisipasi aktif masyarakat,” tambahnya. “Kami bekerja bersama-sama dengan warga masyarakat untuk menyelesaikan tiga lokasi terakhir.”

Masyarakat di Desa Sukamaju tampak sangat antusias terhadap proyek-proyek yang didanai oleh dana desa. Mereka bergotong-royong dalam pekerjaan pengecoran jalan di seluruh dusun. Partisipasi aktif dan semangat gotong-royong ini menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan proyek-proyek tersebut. Selain itu, banyak warga masyarakat yang juga memberikan kontribusi dengan sumbangan sukarela untuk mendukung pembangunan di desa.

Baca Juga :  Tiga kali Nyaleg Gagal, Kepler sebut Dapil 1 Dapil Neraka

Semakin kuatnya kolaborasi antara pemerintah desa dan warga masyarakat di Desa Sukamaju menjadi contoh positif tentang bagaimana alokasi dana desa dapat memacu pembangunan dan kesejahteraan komunitas setempat.