Alun- alun Singaparna Tempat Favorit Baru Warga Tasikmalaya

JABARTRUST.COM, KABUPATEN TASIKMALAYA – Warga Kabupaten Tasikmalaya kini memiliki tempat favorit baru sebagai ruang publik, terutama untuk ngabuburit di bulan Ramadan.

Alun – alun Singaparna sudah hampir dua bulan direvitalisasi dan kini memiliki wajah baru. Sebelum penataan Alun-alun Singaparna tampak kumuh dan kurang terawat. Setelah diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kini Alun – Alun Singaparna menjadi kebanggaan warga Tasikmalaya.

Penataan Alun-alun Singaparna dibangun dalam satu tahun anggaran dengan skema pembiayaan Bantuan Keuangan Pemda Provinsi Jabar. Fasilitas yang dibangun berupa ruang terbuka, amphiteater, plaza, jogging track, dan arena bermain anak.

Alun – alun Singaparna memiliki trek lari yang mengitari setiap sudut Alun-alun. Ngabuburit sambil jogging atau jalan ringan banyak dilakukan warga menjelang sore.

Baca Juga :  Kerap kali gagal tiap buka usaha, kini Fauzi sukses menjadi pengusaha di bidang peternakan

Sementara spot rumput sintetis di Alun-alun Singaparna juga menjadi lokasi pilihan warga untuk duduk-duduk dan bercanda dengan anak mereka.

Dari lokasi ini, akan terlihat pemandangan puncak Gunung Galunggung. Bahkan, jika cuaca sedang cerah, Gunung Cikuray di Kabupaten Garut, pun akan terlihat.

Di sisi sekitar alun-alun, tampak pedagang kaki lima yang menjajakan takjil hingga makanan berat untuk keperluan berbuka puasa. Ada es goyobod, kelapa muda, kolak, aneka gorengan,  bakso, pecel lele, ayam geprek dan banyak lagi lainnya.

Selain menikmati keindahan terbaru dari Alun-alun Singaparna,  masyarakat juga bisa menikmati indahnya arsitek gedung bupati dan juga masjid raya.

Gedung Bupati dikenal oleh masyarakat Tasikmalaya sebagai Gebu Singaparna. Terdapat taman-taman dengan pepohonan yang cukup rindang, yang dapat dipakai untuk bersantai.

Baca Juga :  Penjabat Gubernur Bey Machmudin Hadiri Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat

Nah, jika waktu magrib tiba, warga mudah untuk melaksanakan salat karena lokasi Masjid Raya cukup dekat.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Alun-alun Singaparna pasca- revitalisasi di Kabupaten Tasikmalaya pada Januari 2023.

Penataan Alun-alun Singaparna merupakan salah satu program Pemda Provinsi Jawa Barat dalam menghadirkan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat.

“Ini salah satu program dan janji kami. Alun-alun Singaparna, mudah-mudahan bermanfaat,” ujar Gubernur Ridwan Kamil.

Kang Emil — sapaan akrab Ridwan Kamil — hanya meminta kepada warga untuk menjaga kebersihan dan ketertiban alun-alun yang berdekatan dengan Pasar Singaparna itu.

Titip seperti biasa jaga kebersihan dan ketertiban karena ini jadi kebanggaan baru, biasanya hanya dilewati, sekarang jadi tempat transit yang nyaman,” katanya.

Baca Juga :  Wagub Uu Ruzhanul: Silaturahmi Bagian dari Ibadah

Tak hanya penataan Alun-alun Singaparna, Gubernur mengungkapkan sejumlah infrastruktur strategis di Kabupaten Tasikmalaya juga sedang dikerjakan. Ia menyebut Alun-alun Ciawi dan Alun-alun Cikatomas akan segera direvitalisasi.

Kemudian penataan objek wisata Pantai Karang Tawulan, pembangunan Jembatan Cisepet dan gedung pemuda juga akan dikerjakan. Termasuk aspirasi dari warga yang menginginkan Jalan Tol Gedebage hingga Cilacap (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap/Getaci) memiliki dua exit tol di wilayah Tasikmalaya.

Gubernur memastikan, Pemdaprov Jabar akan melobi pemerintah pusat untuk mewujudkan aspirasi tersebut karena akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar.