Antisipasi Longsor dan Karhutla Polres Tasikmalaya Tanam Ribuan pohon

Penanaman ribuan pohon ini dipusatkan di kawasan tebing terasering Kampung Pasir Pari Desa Cidugaleun

JABARTRUST.COM, KAB. TASIKMALAYA – Sebanyak 2000 pohon ditanam Kepolisian Resort Tasikmalaya bersama TNI, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, masyarakat, mahasiswa dan Pelajar di 20 titik di wilayah kabupaten Tasikmalaya dalam rangka antisipasi bencana longsor dan kebakaran hutan. Penanaman ribuan pohon ini dipusatkan di kawasan tebing terasering Kampung Pasir Pari Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Rabu (23/8/23).

Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Heri Haryanto mengatakan, penanaman pohon ini merupakan program Kapolri secara nasional. Beragam jenis pohon ditanam di lahan tebing yang dibuat terasering.

“Di kita ada 20 titik lokasi penanaman dan di Cidugaleun ini kami pusatkan. Pohon Suren, pohon Jambu, Kopi, Manglid Ganitri dan Jeruk kita tamam secara serentak,” ujar Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Heri di lokasi penanaman pohon, Rabu (23/8/23).

Baca Juga :  Respons Keluarga Usai Danu Ditetapkan Tersangka Pembunuh Ibu-Anak Subang

Suhardi memaparkan, selain antisipasi bencana longsor serta kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan.

“Ini sebagai bentuk kecintaan POLRI terhadap lingkungan. Semoga Longsor dan Karhutla bisa diantisipasi dengan menjaga lingkungan,” kata Suhardi.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyambut baik aksi penanaman pohon ini sebagai upaya melestarikan lingkungan. Kegiatan seperti ini juga diharapkan bisa dilakukan berkala.

“Kita apresiasi langkah Polri dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon ini agar lingkungan dan hutan kembali lestari dan hijau lagi, sehingga diharapkan jauh dari bencana,” kata Apip I Permadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya dilokasi penanaman pohon. *(yudie)