Bey Machmudin Lantik Pemimpin Daerah: Aep Syaepuloh Resmi Menjabat Bupati Karawang

Jabartrust, Bandung – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, melantik sejumlah pemimpin daerah di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Puncak acara ini adalah pelantikan Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Karawang. Pelantikan ini diselenggarakan sebagai respons atas pengunduran diri Cellica Nurrachadiana.

Aep Syaepuloh akan mengepalai Karawang hingga Pilkada Serentak Oktober 2024. Bey Machmudin memberikan pesan kepada Aep Syaepuloh dan dua kepala daerah lainnya, Iip Hidajat sebagai Penjabat Bupati Kuningan dan Ida Wahida Hidayati sebagai Penjabat Wali Kota Banjar.

Bey Machmudin menitipkan pesan penting kepada ketiga kepala daerah yang dilantik. Mereka diingatkan untuk menjalankan amanah dengan penuh integritas, transparan, dan berkelanjutan. “Jadilah pemimpin yang mendengar dan merespons kebutuhan masyarakat serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Baca Juga :  Atalia Ingatkan Pendidikan Yang Baik Untuk Generasi Masa Kini

Selain itu, Bey Machmudin mengingatkan tentang deklarasi Jabar Anteng (Aman, Netral, Tenang) dan Jabar Akur (Aman, Kondusif, Rukun) yang telah dilakukan oleh Provinsi Jabar. Ini sebagai langkah konkret untuk mewujudkan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 yang kondusif. Bey Machmudin menekankan bahwa deklarasi ini bukan hanya seremonial, melainkan harus diterapkan secara nyata oleh para kepala daerah yang baru dilantik.

“Penting agar Bapak dan Ibu dapat menjamin pelaksanaan pemilu dengan aman, damai, dan lancar serta mampu menjaga netralitas ASN, TNI, Polri,” ujar Bey Machmudin.

Bey Machmudin juga mencermati musim hujan yang telah tiba di hampir seluruh wilayah Jabar. Dalam konteks ini, kepala daerah diminta untuk aktif turun ke lapangan, memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai potensi bencana alam seperti banjir dan longsor, serta mengamankan warga yang tinggal di daerah rawan bencana.

Baca Juga :  Nelayan Indramayu Nyatakan Tak Ingin Terjebak Dalam Politik Praktis

“Jangan bosan pada musim hujan ini turun ke lapangan karena banyak saudara-saudara kita yang bermukim di wilayah rawan longsor,” imbau Bey Machmudin. “Kita sebagai penyelenggara pemerintahan harus memberikan respons cepat kepada masyarakat agar tidak ada keluhan karena masalah di lapangan yang tidak selesai,” tambahnya.

Pelantikan tersebut juga mencakup aspek lain, seperti pengukuhan Ketua TP PKK, Penjabat Ketua Dekranasda, dan Penjabat Ketua Forikan. Amanda Soemdi Bey Machmudin, istri Bey Machmudin, turut serta dalam serangkaian acara ini dengan melantik sejumlah pejabat di tingkat kabupaten, seperti di Karawang, Kuningan, dan Kota Banjar.