Cianjur PPKM Level 1, Bupati Cianjur Perintahkan Setiap Puskemas Siaga Periksa Pemudik Dari Luar Kota

JABARTRUST.COM, KAB.CIANJUR — Lebaran tahun ini nampaknya menjadi ujian bagi Kabupaten Cianjur. Pasalnya, daerah dengan julukan Kota Santri ini harus bisa berjuang mempertahankan status daerah di aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kini berada di level 1.

Akibatnya, menjelang hari raya Idul Fitri nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur berupaya memperketat pengawasan kepada pemudik yang datang ke Kabupaten Cianjur, dengan memberdayakan RT, RW, dan lingkungan sekitar.

Nantinya, setiap pendatang atau pemudik yang datang ke Cianjur akan dipantau, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, karena kondisi terbut pihaknya tidak memberikan cuti kepada Kepala Puskesmas beserta jajarannya.

“Jadi nanti kalau pemudik atau ada yang datang dari luar kota ke Cianjur, pihak RT atau RW melaporkan ke kepala puskesmas jika ditemukan adanya indikasi gejala Covid-19 atau dalam kondisi kurang sehat,” ujarnya saat di hubungi lewat sambungan telepon selular, Jumat 22 April 2022.

Baca Juga :  Mau Sehat Saat Puasa? Cobain Tips Ini Deh..

Lanjut Herman, agar diketahui Kepala Puskesmas beserta jajarannya masuk bekerja, pihaknya meminta bagi yang berjaga agar melakukan absensi dengan mengirimkan lokasi terkini. “Caranya bagaimana? Nanti wajib mengirimkan lokasi pada saat bertugas,” jelasnya.

Namun, orang nomor satu di Cianjur ini menegaskan, jika merasa keberatan atau tidak sanggup dengan aturan yang ditetapkan, maka dirinya mempersilahkan Kepala Puskesmas beserta jajarannya untuk mengundurkan diri.

“Kalau tidak mau atau tidak sanggup dan bahkan tidak bisa mengikuti aturan, silahkan saja mengundurkan diri,” tegasnya.

Baginya, kondisi lebaran merupakan kondisi ujian untuk mempertahankan level 1 PPKM. Sehingga berbagai upaya akan diusahakan agar Cianjur tidak kembali naik ke level 2 atau 3.

Baca Juga :  Truk Bermuatan Minuman Kemasan Tabrak Pembatas Jembatan, Satu Orang Meninggal Dunia

“Mudah-mudahan setelah lebaran jika kita berhasil melewati, Covid-19 bisa hilang atau pergi,” pungkasnya. (Goys)