Ini Dia Tips Mudik Sehat Yang Aman

JABARTRUST.COM, BANDUNG – Mudik Lebaran merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat saat ini. Apalagi pasca pandemi Covid -19, pemerintah telah mencabut status PPKM.

Melakukan perjalanan mudik, tentunya bukan hanya mempersiapkan kendaraan ataupun barang-barang yang hendak di bawa. Bagi penderita penyakit kronis, membawa obat-obatan tentunya merupakan hal yang penting juga.

Ahli penyakit dalam Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM) dr. Krisna Mulasinadhi Sp.PD mengatakan, perjalanan mudik apalagi dengan jarak yang jauh, memerlukan kesehatan tubuh yang prima. Apalagi sebagai pengemudi, selain tubuh yang sehat, juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi ketika melakukan perjalanan.

“Dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang baik. Untuk yang mempunyai penyakit seperti darah tinggi, diabetes, jantung, membutuhkan obat-obat yang rutin. Jangan lupa obat itu dibawa, ditempat mudik tidak minum obat, balik nanti sakit,”jelas Krisna Kamis (13/4/2023).

Baca Juga :  Persib Bandung Siap Gempur Pemuncak Klasemen, Borneo FC

Selain persediaan obat yang cukup, dr. Krisna juga menyarankan agar membawa minuman maupun makanan yang cukup, bagi penderita penyakit kronis. Mengingat, perjalanan selama mudik, penderita penyakit kronis dikhawatirkan tidak bisa menemukan makanan atau minuman yang disarankan dokter untuk di konsumsi.

“Kita harus istirahat juga. Kalau membawa motor dianjurkan setiap 2 jam sekali istirahat, 15 menit sudah cukup. Kalau bawa mobil kita sarankan 4 jam untuk beristirahat,”jelas dia.

Untuk memastikan kondisi kesehatan yang fit sebelum melakukan perjalanan mudik, dr. Krisna menyarankan untuk melakukan Medical Check Up (MCU). Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM) menyediakan layanan MCU.

“Pastikan kondisinya paling fit. Medical Check Up itu bisa saja pemeriksaan fisik dulu oleh dokter, tekanan darah dan lainnya. Sangat dianjurkan bagi yang memiliki sakit kronis. Semuanya ada di RS UKM,”ucapnya.

Baca Juga :  Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil,Asupan Gizi Harus Seimbang

Krisna juga menambahkan, bagi masyarakat yang memerlukan pemeriksaan Covid-19, RS UKM juga menyediakan layanan.

“Batuk pilek, khawatir Covid-19, pemeriksaan di RS UKM juga ada,”jelasnya.