Dialog Generasi Berencana Kabupaten Kuningan Dihadiri 2000 Remaja.

Jabartrust, Kuningan- Dalam rangka meningkatkan pemahaman, peran serta dan partisipasi masyarakat terhadap Stunting, BKKBN menyelenggarakan kegiatan “Dialog Remaja Generasi Berencana (Genre) dan Road Show Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting dalam rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2023” di GOR Ewangga, Kabupaten Kuningan (20/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh 2000 peserta, terutama siswa SMA/SMK, yang dengan semangat mengikuti acara bertema ‘Bergaul Sehat, Masa Depan Hebat’. Tujuan utamanya adalah memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting kepada remaja yang hadir.

Kepala dan Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa dan Irfan Indriastono serta Plt. Direktur KIE BKKBN RI, Dadi Ahmad Roswandi juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Baca Juga :  Dispusipda Luncurkan Platform ASIIK untuk Tingkatkan Literasi Masyarakat

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kab. Kuningan, Hj. Ika Siti Rahmatika, menyampaikan harapannya, “Semoga semangat kolaborasi ini akan terus bergelora demi turunnya prevalensi stunting. Remaja merupakan fase yang sangat berpengaruh karena persiapan yang dilakukan pada saat remaja sangat menentukan masa depan.”

Remaja yang hadir diminta untuk bersosialisasi dengan baik, jaga kesehatan tubuh dan pikiran, dan rencanakan masa depan yang cerah. Remaja harus punya kesadaran untuk menunda usia perkawinan sampai fisik dan mentalnya siap terlebih dahulu.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, turut mendukung, “Harus selalu kita ingat dan pahami. Jadilah remaja yang menggunakan waktunya seefektif mungkin untuk merencanakan masa depan, karena remaja sekarang adalah generasi penerus. Pergaulan bebas bukan sebebas-bebasnya bergaul, tapi pergaulan yang dibatasi oleh nilai-nilai agama dan nilai sosial.”

Baca Juga :  Ridwan Kamil Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Plaza Soekarno

Kegiatan ini juga memuat talkshow dengan narasumber yang menginspirasi seperti Tokoh Genre Berprestasi, Imam M. Agung Fauzy, Kepala Dinas PPKBP3A Kab. Kuningan, H. Uca Sumantri, dan Direktur Bina Ketahanan Remaja, Edi Setiawan.

Imam menekankan pentingnya prestasi di masa muda, Edi membahas kreativitas remaja melalui Generasi Berencana (GenRe) dan Pusat Informasi & Konseling Remaja (PIK-R), sedangkan Uca memberikan data mengenai prevalensi stunting di Kabupaten Kuningan dan strategi untuk menurunkan angka tersebut.

Di sela-sela kegiatan tersebut juga Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa menyempatkan diri untuk meninjau kick off Pelayanan KB dalam rangka memperingati Hari Ibu di Kecamatan Kadugede, Kab. Kuningan. Dimana pada hari itu berhasil memberikan pelayanan KB kepada 57 akseptor KB Implan.(Nonu)

Baca Juga :  Danramil Kodim 0615 Kuningan, Ikuti Lomba Masak