Dinkes Kab.Tasikmalaya Dorong Perusahaan Rumahan Memiliki Izin PIRT

JABARTRUST.COM, KAB. TASIKMALAYA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan terus menggenjot berbagai perusahaan, khususnya Perusahaan Industri Rumah Tangga (PIRT) agar memiliki izin atau bersertifikat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pelayanan Kesehatan dan Tempat Usaha Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya dr. Reti Zia Dewi Kurnia, menjelaskan banyak manfaat yang bisa di dapatkan masyarakat bila memiliki izin atau sertifikat setiap Perusahaan Industri Rumahan Tangga (PIRT).

“Tentunya dalam hal produk industri khususnya makanan, sangat erat berkaitan antara ekonomi, kesehatan dan legalitas. Produk makanan dengan memiliki izin PIRT ini tentunya sudah layak edar, dan layak dikonsumsi,” ujar dr. dr. Reti kepada Jabartrust.com, Sabtu 28 Januari 2023.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Himbau “Pemudik Lewat Tol Harus Bekal Banyak Makanan”

dr. Reti menjelaskan, bila produk makanan dalam usaha rumahan ini sudah memiliki izin PIRT maka akan menjadi produk unggulan, karena keamanan produk terjamin dari sudut pandang kesehatan yang layak di konsumsi.

Sementara dari segi faktor ekonomi, dengan memiliki izin PIRT maka akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, juga bisa bersaing dengan produk industri besar yang sejenis.

” Dengan meiliki izin PIRT itu, Secara legalitas pemenuhan ketaatan undang-undang pangan masuk. Maka sebagai warga negara yang baik dengan memiliki sertifikat PIRT produk tersebut menjadi legal,” papar dr Reti.

dr. Reti menambahkan, bila masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya akan mengurus izin PIRT, Dinas kesehatan Kabupaten Tasikmalaya sudah menyediakan kanal yang bisa di hubungi, yakni pada bidang pengawasan pelayanan kesehatan dan tempat usaha.***(yudie)

Baca Juga :  Pemkot Bandung Tunjuk PKBSI, Sudah Bisa Ditebak Jauh-Jauh Hari