Gelar Kuliah Umum, “Arah dan Paradigma Baru S2 KPI”

Kaprodi S2 KPI PPS UIN SGD Bandung Memberikan Sambutan Acara Kuliah Umum S2 KPI UIN SGD Bandung
Kaprodi S2 KPI PPS UIN SGD Bandung Memberikan Sambutan Acara Kuliah Umum S2 KPI UIN SGD Bandung

JABARTRUST.COM, BANDUNG Kamis  (17/11). Program Magister /S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana (PPS) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, melaksanakan Kuliah Umum secara Daring dengan tema “Arah dan Paradigma Baru Keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam”, yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 November 2022, mulai pukul 08.30 sampai dengan 11.00 WIB.

Acara Kuliah Umum tersebut menghadirkan pembicara tunggal, yaitu Dr. Hamdan Daulay, MA yang juga sebagai Ketua Program Studi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Nampak layar Pembicara Acara Kuliah Umum
Nampak layar Pembicara Acara Kuliah Umum

Ketua prodi S2 KPI Pascasarjana UIN SGD Bandung, Dr. H. Zaenal Mukarom, M.Si. CSIS,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan besar dan mendasar terjadi hampir di setiap bidang kehidupan. Kini, realitas kehidupan sama sekali berbeda dengan era-era sebelumnya. Perubahan itu memberi peluang sekaligus tantangan bagian semua pihak, termasuk perguruan tinggi.


Kaprodi S2 KPI ini pun menegaskan, Perguruan tinggi sudah seharusnya menjadi organisasi yang dinamis, responsif, adaptif, akseleratif dan menjadi rujukan inovasi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengambil peranan yang sangat penting. Perguruan tinggi harus menjadi motor inovasi disruptif, mengubah pola pikir, cara kerja organisasi, produktivitas, disiplin, inovasi. progresif, terbuka terhadap perubahan, agresif dalam melakukan terobosan. Acara kuliah umum ini, diikuti oleh mahasiswa S2 KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga S2 KPI, Yogyakarta, Imbuh Kaprodi S2 KPI Bandung.

Baca Juga :  Patroli dialogis Sambang Kampung Tangguh Lodaya

Dr. H. Zaenal Mukarrom, M.Si, mejelaskan, acara kuliah umum ini bertujuan untuk membangun interkoneksi program studi pada Komunikasi dan penyiaran Islam (KPI) antara prodi di berbagai institusi kelembagaan Pendidikan terutama Prodi di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagaaam Islam, juga u ntuk membangun keilmuan secara komprehensif dan multiperspektif tentang program Studi Komunikasi dan penyiaran Islam (KPI) melalui komparasi kontruktif akademik. Imbuh, Dr. ZM yang juga sering menjadi Asesor BAN-PT ini.

Pembiacara dalam Kuliah Umum ini, yaitu Dr. H. Hamdan Daulay, MA yang juga sebagai Ketua Program Studi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dalam paparannya menyampaikan bahawa arah dan paradigma baru KPI lebih ditekankan pada media baru, terutama yang berhubugan dengan kompetensi mahasiswa terhadap penggunaan media baru, baik media social, internet, dan lain sebagainya. Karena kebutuhan terhadap penggunaan media seperti itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, Lembaga dan perusahaan-perusahaan.

Baca Juga :  Jasa raharja menjamin korban kecelakaan di tol cipali km 135-900 kabupaten indramayu – jawa barat

Dr. Hamdan, juga menjelaskan bahwa tantangan sekarang menghadap permasalahan dampak media, misalnya hoaks, ujaran kebencian, SARA di media social, termasuk para praktisi media dan wartawan yang tidak professional atau hanya mengejar komersialnya saja dan tidak mengindahkan nilai-nilai, ujar narasumber ini yang juga pernah lama menjadi jurnalis media.

Kaprodi S2 KPI Sunan kalijaga ini, menambahkan bahkwa paradigma KPI adalah paradigma yang harus memiliki keunggulan, terutama keunggulan di bidang media, jadi mahasiswa KPI harus unggul dalam kompetensi media dalam aspek dakwah, komunikasi dan riset, tegasnya.

Peserta Mahasiswa S2 KPI pada Kuliah Umum
Peserta Mahasiswa S2 KPI pada Kuliah Umum

Pada sesi diskusi, respon mahasiswa banyak yang bertanya, baik dari mahasisa s2 KPI UIN Bandung atau pun dan mahasisw S2 KPI UIN Yogyakarta, sangat antusias bertanya dan menaggapi terhadap papparan pembicara yang disampaikan.

Baca Juga :  Akibat Intensitas Hujan yang tinggi,Air Waduk Cirata naik hingga dua meter

Menurut Sekretaris Prodi S2 KPI, Dr. H. Imron Rosidi, M.Si.,CSIS, sebagai pelaksana kegiatan ini menyampaikan, Acara Kuliah Umum ini, merupakan agenda program akademik dari Program studi Magister S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan al hamdulillah bedasarkan rencana kegiatan yang kami lakukan, pelaksanaanya pada tanggal 17, hari kamis, mulai pukul 08.30 sampai dengan 11. 00 WIB, dan sudah kami laksanakan dengan baik.

Rangkaian acara Kuliah Umum yang dimoderatori oleh Dr. Aep Wahyudin, M.Ag., M.I,Kom ini pun berjalan dengan khidmat dan lancar. Dalam penutupannya, ketua prodi S2 KPI, Dr. H. Zaenal Mukarom, M.Si. CSIS,  menyampaikan al hamdulillah respon mahasiswa sangat baik dan positif, dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu acara kuliah umum ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, dan acara ini merupakan bagian dari agenda-agenda akademik selanjutnya ujtuk membangun kolaborasi antar Prodi dan antar perguruangan tinggi. (red)