Gempa Bumi M 4,3 Guncang Pangandaran dan Sekitarnya

Jabartrust.com, Pangandaran, – Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya mengalami guncangan gempa bumi tektonik pada Selasa (24/10/2023) pukul 05:47:56 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan M 4,3.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, episenter gempa terletak di koordinat 8.19 LS dan 107.9 BT, berlokasi di laut, sekitar 85 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman 26 km. Hartanto menjelaskan bahwa gempa bumi ini termasuk dalam jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi ini, seperti yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, dirasakan di beberapa wilayah, termasuk Cisurupan, Bayongbong, Cikajang, Pamengpeuk, Pamarican, Indihiang, dan Pangandaran. Gempa ini memiliki Skala Intensitas III MMI di beberapa daerah, yang berarti getarannya dirasakan nyata dalam rumah, seperti getaran akibat truk berlalu.

Baca Juga :  PMI Kirim Bantuan Sembako hingga Alat Kebersihan bagi Korban Banjir di Cidaun

Saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa tersebut, dan hingga pukul 06:02 WIB, BMKG tidak mendeteksi adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.