Jokowi berikan bantuan tahap pertama bagi 8100 warga untuk renovasi rumah terdampak gempa Cianjur

JABARTRUST.COM, KAB.CIANJUR – Jumlah bantuan uang untuk renovasi rumah bagi warga Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa bumi ditambah sebesar Rp 10 juta hingga Rp 5 juta.

Hal tersebut diungkapkan Presiden RI Jokowi saat menyerahkan bantuan tersebut langsung kepada warga terdampak gempa bumi di Batalyon Infanteri 300/Raider di Kelurahan Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

“Hari ini telah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk bapa ibu semuanya. Bantuanya sebesar Rp 50 juta untuk rumah rusak, Rp 25 juta rusak sedang, dan Rp 10 juta rusak ringan,” kata Jokowi, Kamis 8 Desember 2022.

Menurutnya, saat bencana di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kota Palu memang bantuanya sebesar itu. Tetapi setelah dihitung nominalnya akan ditambah.

Baca Juga :  Sidang Pra Peradilan Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pompa Riool Memasuki Sidang Pertama

“Tadi malam saya hitung lagi, dan tadi pagi sudah menyampaikan kepada Mentri Keuangan ada uang atau tidak, ternyata ada sedikit. Sehingga saya putuskan bantuan Rp 50 juta jadi Rp 60 juta, Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta, dan Rp 10 juta ditambah jadi Rp 15 juta,” jelasnya.

Jokowi meminta pembangunanya agar segara dilakukan, rumah-rumah ambruk dapat langsung dibersihkan, dan puing-puing bangunan yang masih bisa dipakai untuk digunakan kembali.

“Batu batanya yang masih bisa dibersihkan dipakai lagi, dan kayunya yang dapat digunakan pakai lagi,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan, dari uang yang ada untuk segara diambil, tetapi dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan.***(Goys)

Baca Juga :  Cerita Lulusan 'English For Ulama' Di Depan Ridwan Kamil