Ketua DPR RI puan maharani melaksanakan penyerahan kunci secara simbolis untuk korban gempa Cianjur

JABARTRUST.COM. KAB.CIANJUR – Ketua DPR RI, Puan Maharani melaksanakan penyerahan kunci Rumah secara simbolis untuk korban bencana gempa bumi yang di relokasi ke Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu 1 Maret 2023.

Selain melakukan Simbolis, Puan juga langsung turun meninjau langsung rumah relokasi yang akan di tempati oleh para pengungsi.

Di selah-selah kunjungannya juga, Puan membagikan 500 sertifikat tanah untuk masyarakat Cianjur di Gedung Assakinah

Menurut Puan, rumah tersebut tidak bisa di perjual belikan dan kedepan rumah para pengungsi tersebut akan segera di buatkan sertifikat atas nama penghuninya.

“Secara bertahap mulai hari ini pengungsi gempa akan menempati rumah relokasi dan sertifikat rumahnya nanti atas nama penghuni namun tak bisa diperjualbelikan,” Tuturnya kepada wartawan, Rabu 1 Maret 2023

Baca Juga :  Bersikap Kasar Terhadap Jurnalis, Ajudan Puan Maharani Di Protes

Puan meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk bisa mengelola dan menjaga agar masyarakat bisa menjaga kebersihannya juga.

“Jadikan komunitas masyarakat yang bisa bergotong royong, menjalani kehidupan untuk ke depannya,” jelasnya

Untuk poses penanganan bencana dan recovery di Cianjur sendiri menurut Puan terbilang cukup cepat.

“Cianjur merupakan salah-satu proses relokasi yang bisa saya katakan cepat, karena lokasinya dekat dengan Jakarta, bantuan ke masyarakat pun cepat dialokasikan,” Terangnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Presiden Joko widodo yang begitu cepat tanggap dalam rangka pembuatan hunian tetap untuk korban gempa Cianjur.

“Dua hari pascabencana langsung membuat hunian tetap relokasi, sehingga hari ini sudah mulai bisa ditempati, untuk lokasi lainnya di Mande semoga sebelum Ramadan juga bisa ditempati,” ungkapnya

Baca Juga :  PMI turunkan 17 Tangki Air untuk Distribusikan Air Bersih bagi Korban Gempa di Cianjur

“Kita tinggal tunggu lagi rumah relokasi yang di Mande, mudah-mudahan bulan puasa sudah bisa diserahkan, yang Huntap ke tiga kita sedang menunggu kajian dari BMKG,” ujarnya.***(goys)