KRI Dewaruci Hadir Di Cirebon, Akan Gali Sejarah Maritim Cirebon

JABARTRUST.COM, KOTA CIREBON – Lanal Cirebon sambut kedatangan KRI Dewaruci sekaligus tim ekspedisi maritim kejayaan laut nusantara.

Kadispenal Laksma TNI Julius Widjajanto mengatakan, kedatangannya ke Cirebon dalam rangka ekspedisi maritim untuk mengetahui sejarah-sejarah di laut terkhususnya Pulau Jawa.

“Di Cirebon kita akan menyambangi lokasi tenggelamnya KRI Gajah Mada, ada juga museum, dan juga makan Kapten Samadikun,” katanya, Jumat (23/9/2022).

Dirinya melanjutkan, tujuan dari ekspedisi tersebut adalah untuk menyadarkan kembali masyarakat terutama generasi milenial.

“Ini juga guna menggugah kembali kesadaran kembali masyarakat sebagai bangsa maritim,” lanjutnya.

Dirinya menegaskan, masyarakat harus mempunyai jiwa sebagai bangsa maritim yang harus menjadi trend center bukan lagi menjadi follower.

Baca Juga :  Doa Masyarakat Jabar untuk Putra Sulung Ridwan Kamil

“Kita pernah dikenal sebagai bangsa maritim yang disegani dimata dunia, jadi kita harus kembalikan itu,” ungkapnya.

Sementara kepala research tim ekspedisi, Gian mengatakan, pihaknya akan menggali informasi sejarah angkatan laut yang masih simpang siur di Kota Cirebon.

“Termasuk Cirebon merupakan kota diplomasi pertama teman-teman TNI AL dan itu yang akan kita cari selain tempat-tempat bersejarah di Kota Cirebon,” tutupnya.

KRI Dewaruci beserta tim ekspedisi sendiri akan bersandar di Cirebon selama 2 hari yang seharusnya berada di Cirebon selama 2 Minggu. ***(Sakti)