Kunjungi Ponpes Cipasung, Airlangga Salurkan Bantuan Wirausaha Bagi Santri

JABARTRUST.COM,KAB.TASIKMALAYA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong para santri Pondok Pesantren di Jawa Barat untuk berwirausaha dan menjadi entrepreneur.

Hal tersebut tercetus saat Airlangga Hartarto mengunjungi Pondok Pesantren Cipasung di Desa Cipakat Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu petang 20 April 2022.

Usai berbuka bersama dan bersilaturahmi dengan pengurus dan pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan bantuan bagi para santri melalui program kementerian, berupa pembiayaan atau modal usaha bagi para santri agar bisa menciptakan peluang kerja melalui wirausaha.

“Jadi program santri kita fasilitasi pembiayaan, yang tadi diberikan itu pembiayaan dengan bunga nol. Jadi bantuan-bantuan awal kepada para santri mendorong untuk menjadi wirausaha.” ucap Airlangga kepada wartawan di Pondok Pesantren Cipasung.

Airlangga menyebutkan, jika program bantuan bagi para santri dengan tanpa bunga ini lancar, nantinya akan dilanjutkan dengan kredit usaha rakyat yang bunganya hanya 3 persen. Nominal bantuan yang diberikan bagi para santri ini pun bervariatif.

Baca Juga :  Anak Ketum Golkar Terang - Terangan Dukung Jaro Ade

“Untuk pembiayaan ini nominalnya bervariasi ada yang Rp 3 juta dan Rp 5 juta bahkan ada yang Rp 1 juta,” katanya.

Menurut Airlangga, untuk pembiayaan Rp 1 juta dengan kuota 100 santri, Rp 2 juta untuk kuota maksimum 150 santri sedangkan Rp 5 juta kuotanya bisa lebih banyak.

“Untuk jenis usahanya bebas terserah keinginan santri, dengan tujuan bisa meningkatkan kemauan berwirausaha para santri.” pungkasnya.** (yudie)