LPAI Apresiasi Polres Tasikmalaya Dalam Penanganan Hukum Berhadapan Dengan Anak

JABARTRUST.COM, KAB. TASIKMALAYA –  Polres Tasikmalaya Jawa Barat mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dalam kinerjanya berhasil melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi anak. Salah satunya yakni dalam memunculkan sosok anak berhadapan dengan hukum yang kemudian diangkat dalam sebuah film layar lebar, berjudul “Arul Hadiah Terbaik”.

Selain itu Polres Tasikmalaya juga dinilai mampu mengedepankan pelayanan yang humanis ketika melakukan penanganan kasus yang berhadapan dengan anak. Polres Tasikmalaya juga berhasil mendirikan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi di Gedung Pertemuan Warga (GPW) Polres Tasikmalaya, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga :  Ridwan Kamil:  Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Bandung Sarana Pemulihan Tepat Kurangi Ketegantungan Narkoba

“LPAI yang terbentuk dari tahun 1998 ini memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh jajaran dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya termasuk juga Polres Tasikmalaya. Dimana dengan adanya apa LPKS ini telah memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mendapatkan perlindungan lingkungan yang lebih kondusif, sehingga mereka kembali menjadi anak-anak yang berpotensi positif dan akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.” jelas Kak Seto.

Polres Tasikmalaya sengaja membuat LPKS sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. LPKS ini akan menampung anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Prosesnya dengan mengedepankan tindakan humanis bukan penindakan hukum secara refresip untuk anak anak.

“Kami akan melakukan penanganan kasus anak berhadapan hukum seperti ke arul yah. Tidak refresip secara hukum tapi lebih halus. Hak-hak anak dan masa depan anak jadi pertimbangannya. Makanya Polres Tasikmalaya bentuk LPKS,” Ucap Kompol Alan Haikal, Wakapolres Tasikmalaya. ***(yudie)

Baca Juga :  Alumni SD Al Azhar Cirebon Hantar Timnas Indonesia Menjadi Juara AFF U-16