Masih Zero Kasus Hepatitis, Ketua IDI Kota Cirebon Pinta Orang Tua Waspada

Ketua IDI Kota Cirebon, Muhammad Edial Sanif

JABARTRUST.COM, KOTA CIREBON – Penyakit Hepatitis atau penyakit kuning yang saat ini masih mengancam masyarakat terutama usia 5-15 tahun. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon Muhammad Edial Sanif, mengatakan penyakit ini memang sangat misterius dan masih diteliti cara penanganannya.

“Hepatitis sendiri belum diketahui penyebabnya apa, dan belum diketahui penyebabnya,” katanya, Kamis (12/5/2022).

Dirinya melanjutkan, sampai saat ini Kota Cirebon belum ditemukan kasus hepatitis akut pada anak.

“Meskipun tidak ada kasus, saya menghimbau masyarakat agar memperhatikan kesehatan anaknya terutama pada usia 5 – 15 tahun,” lanjutnya.

Gejala penyakit hepatitis sendiri diantaranya ada, panas secara tiba-tiba, diare, mual, muntah, dan juga mata menguning.

Baca Juga :  Tanneke Burki, Penari Ballet Hingga Senam Seks asal Bandung

“Hepatitis sendirian biasanya menyerang sistem pencernaan, jadi orang tua diminta agar memperhatikan makanan dan kebersihan makanan,” tuturnya.

Jika sudah mengalami gejala tersebut, lanjut Edial, orang tua diminta untuk segera memeriksakan anak ke dokter untuk ditangani.

“Untuk penyebabnya tidak jelas, dan obatnya belum ditemukan, adapun obatnya hanya mencegah efek sampingnya saja,” paparnya.

Hepatitis sendiri dapat menyebabkan kematian, di Indonesia sendiri dari 15 kasus hepatitis sudah tercatat 5 orang meninggal dunia. (sakti)