Partai Golkar Pamerkan Line-Up Calon Gubernur Unggulan di Berbagai Daerah

Jabartrust, Bandung – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengungkapkan rencana ambisius partainya dalam mengusung sejumlah tokoh terkemuka sebagai bakal calon gubernur di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam konferensi pers yang digelar di kantor DPP Golkar pada hari Selasa (21/11/2023), Airlangga menyebutkan nama-nama yang dipertimbangkan untuk bertarung di Pilkada mendatang.

Salah satu tokoh yang mencuri perhatian adalah mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, yang diusung sebagai calon gubernur Banten. Di Jawa Barat, Partai Golkar mengusung figur karismatik, Ridwan Kamil, yang baru saja melepaskan jabatannya sebagai gubernur Jabar pada bulan Oktober lalu. Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang masa jabatannya akan berakhir pada bulan Desember mendatang, diusulkan sebagai calon gubernur Jawa Timur.

Baca Juga :  Sosialisasi Empat Pilar: Menebalkan Rasa Persatuan dan Keutuhan Bangsa di Pangandaran

Airlangga juga menyinggung nama mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, yang dijagokan untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Di Papua Barat, eks Kabaintelkam Polri Komjen (Purn) Paulus Waterpauw dipilih sebagai calon gubernur yang akan didukung oleh Partai Golkar.

“Pak Paulus adalah salah satu dari mereka yang akan kita dukung sebagai bakal calon di Papua Barat untuk posisi gubernur,” ungkap Airlangga.

Namun, Airlangga masih merahasiakan identitas calon gubernur dari Golkar untuk Jawa Tengah. Hanya disebutkan bahwa sosok yang diusung merupakan seorang pemimpin muda.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga mengumpulkan lebih dari 1.100 calon kepala daerah dari berbagai tingkatan, mulai dari bakal calon gubernur, wakil gubernur, wali kota, wakil wali kota, bupati, hingga wakil bupati. Tujuannya, mengajak mereka untuk berkontribusi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dijadwalkan pada bulan Februari mendatang.

Baca Juga :  Bandung Lautan Api: Neraka Tentara Inggris Di Lengkong - Cikawao

Airlangga menekankan bahwa fungsionaris legislatif dan pengurus partai dari tingkat DPD, provinsi, hingga kabupaten/kota, akan menyatukan kekuatan mereka untuk mendukung seluruh calon yang diusung oleh Partai Golkar. “Ini merupakan modal utama bagi calon kepala daerah yang akan diusung Golkar dalam Pilkada 2024,” tegasnya.

Seiring dengan upaya memenangkan partainya, Airlangga juga menegaskan dukungan Partai Golkar terhadap pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden mendatang. “Dengan demikian, seluruh kekuatan akan bersatu untuk memenangkan partai dan sekaligus memenangkan pasangan yang didukung oleh Partai Golkar,” tambahnya.