Pelayanan KB Terdepan: BKKBN Memulai Peringatan Hari Ibu ke-95 dengan Kick-Off Pelayanan KB di Jawa Barat

Jabartrust, Bandung – Bertempat di Aula DPPKB Kabupaten Karawang, BKKBN memulai rangkaian peringatan Hari Ibu ke-95 dengan sebuah acara kick-off yang mengedepankan Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Acara ini bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga menandai langkah awal dalam meningkatkan kualitas penduduk dan mendukung pembangunan nasional.

Pembukaan acara dilakukan oleh Hj. Sofiah, Kepala DPPKB Kabupaten Karawang, yang turut dihadiri oleh dr. Siska Gerfianti, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat, dan Irfan Indriastono, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Hari Ibu ke-95 diangkat sebagai tema utama untuk memberikan makna lebih pada kegiatan ini, sebagai pengingat bahwa kualitas penduduk memiliki dampak yang signifikan pada pembangunan nasional.

Baca Juga :  Puncak Tournamen Badminton Ciampea udik

Dalam sambutannya, dr. Siska Gerfianti menyoroti pentingnya memiliki penduduk berkualitas di Provinsi Jawa Barat, yang dengan jumlah penduduk terbanyaknya, memberikan pengaruh besar terhadap Indonesia secara keseluruhan. Pelayanan KB di perusahaan juga menjadi sorotan utama, menunjukkan peran krusialnya dalam mendukung work-life balance.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Pelayanan KB di Klinik PT. Chang Shin Karawang, di mana implementasi langsung dari upaya meningkatkan akses pelayanan KB terlihat nyata. Dari Pelayanan KB hari ini, Klinik PT. Chang Shin berhasil memberikan pelayanan KB kepada 36 akseptor, di mana 28 di antaranya menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Implan, dan IUD. PT Chang Shin, yang sejak 2016 lalu telah bekerjasama dengan DPPKB Karawang, pernah memperoleh penghargaan Juara II Nasional untuk pelayanan KB perusahaan. Perusahaan ini juga tergolong sebagai salah satu perusahaan yang mempekerjakan 15.000 perempuan dan termasuk dalam kategori Wanita Usia Subur (WUS).

Baca Juga :  Lapas Kelas IIA Cikarang Gelar Sabtu Nyunda

Acara ini mengusung tagline “Dengan Ber-KB, Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera, Indonesia Maju,” yang memperkuat komitmen untuk mendekatkan akses pelayanan KB. KB Perusahaan dianggap sebagai wujud nyata dalam mendukung kesejahteraan keluarga dan pertumbuhan penduduk yang berkualitas. Dengan semangat ini, BKKBN berharap dapat menciptakan Indonesia yang lebih maju melalui perhatian terhadap kesejahteraan keluarga dan kualitas penduduk yang optimal. (Nonu)