Pemecatan Terawan Berbuntut Panjang

Terawan/ pinterest.com
Terawan/ pinterest.com

RUBRIKU,- Pemecatan yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terhadap Dokter Terawan Agus Putranto berbuntut panjang. Pasalnya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Komisi IX yang membidangi kesehatan ramai-ramai membela Terawan. Anggota Dewanpun mengusulkan agar IDI segera di panggil ke Senayan terkait pemecatan tersebut.

“Saya sudah usulkan agar Komisi IX memanggil IDI untuk dimintai pertanggungjawaban pemecatan tersebut,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago saat dihubungi, Minggu (27/3/2022).

Irma menilai apa yang dilakukan IDI merupakan tindakan arogan, ekskulsif dan elitis.

“NasDem dalam kasus ini melihat IDI selain arogan juga eksklusif dan elitis,” tambahnya.

Irma juga menyoroti soal uji kompetensi bagi para dokter muda yang masih relatif sulit saat ini. Irma berpandangan IDI tidak bisa menangani nasib para dokter muda tersebut malah justru berkeputusan memecat Dokter Terawan yang senior dan berpengalaman.

Senada dengan Irma, Anggota komisi IX DPR RI fraksi Demokrat Lucy Kurniasari, pemecatan terhadap Terawan terlalu berlebihan.

Baca Juga :  Respon Cepat Polsek Dramaga Polres Bogor, Saat Warga Butuh Pertolongan

“Pemecatan terhadap Terawan telalu berlebihan dan tidak proporsional, IDI tak seharusnya memecat Terawan hanya karena pelanggaran etik profesi” pungkasnya.***