Pentingnya Inovasi Digitalisasi dalam Upaya Kebangkitan UMKM dan Pariwisata

JABARTRUST.COM, BANDUNG – Inovasi menjadi salah satu kata kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Beragam inovasi menjadi suatu keharusan yang dilakukan di berbagai sektor termasuk UMKM dan pariwisata.

Sejak 2020, kedua sektor tersebut mengalami dampak cukup besar akibat pandemi. Karena itu perlu strategi serta sinergi berbagai pihak agar tercipta inovasi-inovasi baru, salah satunya melalui digitalisasi.

Hal itu dipaparkan dalam diskusi bertajuk “Inovasi Digitalisasi Ekosistem UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi” yang diadakan Universitas Indonesia secara online, Kamis 7 Juli 2022. Kegiatan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno yang menyatakan bahwa pegiat dari kedua sektor tersebut wajib beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di dunia bisnis.

Menparekraf juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mengalami kenaikan kontribusi pariwisata sebesar 4,3%. Selain itu menurut laporan Travel &Tourism Development Index 2021 World Economic Forum (WEF) edisi Mei 2022, menunjukkan bahwa industri pariwisata Indonesia menempati peringkat 32 dari 117 negara dunia. Menparekraf menilai adanya peluang yang bisa dimanfaatkan khususnya terhadap pengembangan pasar digital.

Baca Juga :  KORMI Kab.Tasik Bakal Jadi Tuan Rumah Lomba Adu Layangan se-Jawa Barat

“Indonesia memiliki peluang menjadi pasar yang menjanjikan dengan literasi internet yang tinggi dan keterbukaan cara berpikir membuat masyarakat memiliki peran besar untuk go digital. Tentunya dengan menerapkan inovasi dan kolaborasi melalui strategi 3G yaitu Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (gunakan semua potensi lokal) dalam menghadapi peluang serta tantangan yang ada untuk mempercepat pemulihan ekonomi, terciptanya lapangan kerja, maupun terbukanya peluang usaha,” ucap Menparekraf.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang mengikuti webinar tersebut, menyatakan sepakat dengan apa yang disampaikan Menparekraf RI. Menurutnya inovasi digitalisasi dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, tak terkecuali pelaku UMKM dan pariwisata.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Tinjau Kelayakan Rumah Nenek Ami Setelah Direnovasi

“Ini bisa memberikan dampak positif. Karena dengan digitalisasi, semua orang bisa lebih mudah mengakses informasi berkaitan dengan potensi-potensi yang ada,” tutur Kadisparbud Jabar.

Webinar ini menghadirkan tokoh penting lainnya seperti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johny G. Plate serta Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro. Selain itu kegiatan juga diisi dengan pemaparan materi dari tiga narasumber ahli yaitu I Wayan Koster (Gubernur Bali), Handito Juwono (Ketua Asosiasi Digital Enterpreneur Indonesia), dan Setyo Harsoyo (Associate UI Advisory).