Mengintip Masa Depan Kertajati: Potensi dan Permasalahan Bandara Internasional

Jabartrust.com, Majalengka, – Sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Majalengka, saya ingin berbicara tentang Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati. Bandara ini terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia. Meskipun dibuka pada tanggal 1 Juli 2019, bandara ini sempat tidak aktif untuk beberapa waktu. Namun, kabar baiknya adalah bandara ini akan segera beroperasi lagi pada tanggal 29 Oktober 2023.

Pengoperasian kembali Bandara Internasional Kertajati ini terkait dengan pemindahan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara. Ini adalah langkah penting dalam upaya pengembangan Bandara Kertajati sebagai pusat penerbangan internasional.

Sekarang, Bandara Kertajati telah mulai melayani penerbangan internasional menuju Kuala Lumpur dengan bantuan maskapai Air Asia. Selain itu, Bandara Kertajati juga sudah terhubung dengan jalan tol Cikampek-Palimanan (Cipali), membuat akses ke bandara ini semakin mudah.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawakalong

Namun, keberadaan Bandara Internasional Kertajati juga memiliki dampak, baik positif maupun negatif, terhadap masyarakat sekitar. Salah satu dampak negatifnya adalah potensi banjir akibat perubahan aliran air di sekitar Bandara Kertajati.

Di sisi positifnya, bandara ini membawa peluang ekonomi yang lebih baik bagi penduduk sekitar. Hal ini menciptakan kesempatan baru untuk meningkatkan perekonomian. Meskipun demikian, kita perlu senantiasa bersyukur dan mendukung perkembangan infrastruktur negara Indonesia agar dapat terus maju dan berkembang.

Penulis:

Siti Julaeha Kelas 3B

NPM ; 22.18.1.0035

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Majalengka