Percepat Sortir Surat Suara KPU Pangandaran Libatkan Warga 2 Kecamatan

Jabartrust.com, Pangandaran, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran telah memulai proses penyortiran surat suara untuk pemilu mendatang. Dalam upaya mempercepat proses tersebut, KPU melibatkan warga dari dua kecamatan. Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, menyatakan bahwa sebelum penyortiran oleh warga dilakukan, pihaknya telah melakukan seleksi terhadap warga, termasuk pemeriksaan kondisi kesehatan jasmani dan rohani.

“Kami menyeleksi terlebih dulu kondisi kesehatan warga masyarakat yang ikut menyeleksi surat suara. Hal ini sangat penting agar saat pelaksanaan penyortiran tidak terjadi kesalahan. Selain itu, KPU juga memberikan edukasi kepada warga mengenai ciri-ciri surat suara rusak, seperti sobek, bercak tinta di salah satu paslon atau partai. Surat suara dalam kondisi rusak atau eror dianggap tidak layak,” tegas Muhtadin pada 3 Januari.

Baca Juga :  Jabar Dapat Hibah 10 Juta Dolar AS dari Korea Selatan untuk Green Public Transportation

Lebih lanjut, Muhtadin menjelaskan bahwa penyortiran surat suara khusus untuk calon presiden dan calon wakil presiden akan dilakukan setelah surat suara tersebut tiba di KPU Pangandaran. Saat ini, surat suara capres dan cawapres belum tiba, sehingga proses penyortiran akan dimulai dengan surat suara lain yang sudah ada.

Proses penyortiran surat suara di Gedung Islamic Center Kecamatan Pangandaran juga diawasi oleh TNI, kepolisian, satpol PP, dan Bawaslu Pangandaran. Hingga saat ini, hanya beberapa surat suara yang dinyatakan rusak, sedangkan sisanya dalam kondisi baik, demikian disampaikan Muhtadin.