Peserta Seni Ibing Membludak, ramaikan HUT Pangandaran

Jabartrust.com, Pangandaran, – Dalam Rangka Memperingati Milangkala Kabupaten Pangandaran yang ke-11, Pemerintah Kabupaten Pangandaran Melalui Dinas Pariwisata dan Budaya Menggelar Seni Ibing di Area Terbuka

Pemerintah Kabupaten Pangandaran merayakan ulang tahunnya yang ke-11 dengan meriah. Dalam upaya ini, Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pangandaran menggelar seni ibing di area terbuka. Keputusan ini diambil untuk menampung para peserta tari seni ibing yang sangat banyak, mencapai lebih dari dua ribu peserta.

Menurut Kasi Budaya Disparbud, Iing, penyelenggaraan seni ibing ronggeng Amen di area terbuka dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh peserta seni ibing dapat berpartisipasi. Iing menjelaskan bahwa total peserta seni ibing mencapai dua ribu dua puluh tiga peserta, termasuk laki-laki dan perempuan. Semua warga Kabupaten Pangandaran diperbolehkan untuk ikut serta dalam seni ibing ronggeng Amen.

Baca Juga :  KPU Jabar Gelar Nobar Film "Kejarlah Janji" dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran, Kusdiana, yang menjelaskan bahwa seni ibing yang diselenggarakan oleh Disbudpar adalah bagian dari perayaan Milangkala Kabupaten Pangandaran yang ke-11.

Kusdiana menambahkan bahwa pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten juga turut serta meramaikan seni ibing ronggeng Amen. “Kita ikut berbaur bersama warga masyarakat Kabupaten Pangandaran, dan Milangkala ini adalah milik seluruh warga Kabupaten Pangandaran,” tegasnya.

Para peserta dari kalangan warga masyarakat yang ikut dalam kegiatan tari tradisional seni ibing diberikan berbagai doorprize oleh panitia penyelenggara. Selain itu, tujuan utama dari penyelenggaraan seni ibing adalah untuk melestarikan seni budaya sebagai warisan dari para leluhur, sehingga seni ini tidak punah dan tetap dicintai oleh warga masyarakat. (Ntang Sr.)

Baca Juga :  Kota Bekasi Bergabung dalam Daftar Daerah Terdampak Kekeringan