Polresta Tasikmalaya Kota Ciduk Kawanan Pencuri Kabel Fiber Optik

Kota Tasikmalaya, Jabartrust.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya Kota bersama Unit Reskrim Polsek Cibeureum dan Polsek Cihideung berhasil mengamankan kawanan pencuri spesialis kabel fiber optik di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, Senin (31/10/2023).

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin melalui Kasat Reskrim AKP. Fetrizat mengatakan, dalam menjalankan aksinya, keempat pelaku yang masih memiliki hubungan kekerabatan memiliki peran masing-masing. Salah seorang pelaku, RP, merupakan maintenance technical di salah satu perusahaan fiber optik di Tasikmalaya. Hal ini memungkinkan pelaku untuk menggunakan kunci gudang tempat penyimpanan kabel optik dan menduplikasi kunci tersebut.

“Modus operandinya, salah satu pelaku, RP, merupakan Maintenance Technical salah satu perusahaan fiber optik Fiberstar Connecting Indonesia Cabang Tasikmalaya. Untuk mengelabui petugas dan menutupi agar tidak dicurigai pelaku pembobolan adalah orang dalam, mereka merusak pintu belakang kantor,” ujar AKP Fetrizat saat press release di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Ketegaran dan Ketabahan Ridwan Kamil Jadi Teladan

Dari pengakuan para tersangka, kabel fiber optik tersebut dijual ke daerah Bandung. Polisi masih mengejar ke lokasi penadah dan komplotan lainnya yang terindikasi masih satu komplotan.

“Kami telah mengamankan empat pelaku pencurian kabel fiber optik. Hasil pengembangan dari pelaku pencurian, ada tujuh titik lokasi kejadian,” kata AKP Fetrizat kepada wartawan.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tang pemotong kabel, selembar surat stok barang, dan sebuah mobil yang digunakan para pelaku saat melakukan aksi pencurian.

“Para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara,” pungkasnya.