Razia Gabungan Barang Terlarang di Sel Tahanan Lapas Kelas II B Cianjur

petugas melalukan razia di Lapas Kelas II B Cianjur

JABARTRUST.COM, KAB.CIANJUR — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur melaksanakan razia bersih-bersih dari barang terlarang yang ada di blok kamar tahanan. Razia tersebut turut melibatkan Kodim 0608/ Cianjur, Polres Cianjur dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur.

Empat tim dibagi untuk menyebar ke beberapa kamar tahanan yang turut didampingi dari Kodim 0608/ Cianjur, Polres Cianjur dan BNNK Cianjur. Setiap warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di kamar, terlebih dahulu keluar dari kamar dan diperiksa.

Kalapas Kelas II B Cianjur, Heri Aris Susila mengatakan, ada empat poin yang menjadi bidikan razia yakni alat komunikasi, senjata tajam, senjata api, barang yang terbuat dari stainles, narkoba dan instalasi listrik liar.

“Razia ini diselenggarakan secara serentak di seluruh lapas se-Jawa Barat dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, jadi bukan hanya di Lapas Cianjur saja. Tujuannya untuk kondusifitas khususnya di Lapas Cianjur, tentunya dengan kondusif di lapas akan turut berdampak positif juga ke unsur lainnya,” ujarnya.Jumat 22 April 2022.

Baca Juga :  Tidak Ada Biaya Untuk Berobat, Anak 9 Tahun Alami Gangguan Ginjal

Dari hasil dari razia ini didapatkan uang berjumlah 4,2 juta rupiah, ponsel 10 unit, kabel USB tiga unit, senjata delapan buah, botol parfum tiga buah, kabel listrik tiga buah, sendok 12 buah, charger satu unit, headset 11 unit, paku tajam enam buah, kartu remi enam buah, jam tangan satu buah, batu dua buah dan power bank satu buah.

“Ini berawal untuk deteksi dini, mudah-mudahan sudah tidak ada lagi barang-barang terlarang di Lapas Cianjur. “Jika ada hal yang terjadi hal di Lapas Cianjur, tentu akan geger juga Kabupaten Cianjur. Selain itu pelaksanaan razia ini dilakukan secara humanis dan mengedepankan HAM. Karena WBP pun memiliki hak yang sama,” sambung Kalapas. (goys)

Baca Juga :  Pengakuan Saksi Memperlihatkan Peran Yosep Hidayah