Ribuan Burung Raptor Siberia Migrasi ke Pegunungan Sanggabuana, Karawang

Jabartrust.com, Karawang,- Pegunungan Sanggabuana, di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, menjadi saksi dari fenomena luar biasa ketika ribuan burung raptor asal Siberia tiba di daerah tersebut. Kedatangan burung-burung ini terjadi sejak akhir Oktober 2023. Mereka bermigrasi dari Siberia yang saat ini sedang mengalami musim dingin, menuju Karawang untuk mencari wilayah yang lebih hangat.

Menurut Ria Saryanthi, Communication Partnership Adviser dari Burung Indonesia, burung-burung pemangsa ini melakukan migrasi melewati koridor daratan sebelah timur, terbang melalui Tiongkok, Semenanjung Malaya, hingga mencapai Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

“Pada Sabtu, 29 Oktober lalu, kami menyaksikan kedatangan ribuan burung raptor migran ini saat melakukan pengamatan di kawasan wisata Puncak Sempur, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang,” ujarnya.

Baca Juga :  Bentuk kepedulian Forum Doktor Komunikasi Universitas Sahid Indonesia berikan bantuan untuk korban gempa Cianjur

Ribuan burung terlihat terbang di langit Tegalwaru sejak pagi hari, dan pihaknya menggunakan alat binokular dan monokular untuk mengamati peristiwa migrasi ini. Beberapa masyarakat setempat juga ikut serta dalam pengamatan ini dan mengabadikannya dengan kamera DSLR mereka, yang kemudian dapat dilihat di beberapa kafe di wilayah Puncak Sempur.

Ria menjelaskan bahwa mereka, bersama dengan Sanggabuana Conservation Foundation (SCF), saat ini sedang melakukan pengamatan untuk pelestarian spesies burung ini.

“Fenomena alam yang sangat berharga ini terjadi secara teratur, di mana burung-burung ini berpindah dari lokasi ke lokasi selama musim dingin guna mencari wilayah yang lebih hangat, dan ini merupakan bagian dari siklus hidup mereka,” tambahnya.

Baca Juga :  Pecinta Mobil Nissan Serena, Kumpul Bareng di Jawa Tengah.