RS. UKM Raih Penghargaan Terbaik ke Dua,Terus Tingkatkan Pelayanan

JABARTRUST.COM, KAB.BANDUNG – Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM) Kabupaten Bandung mendapat penghargaan terbaik ke dua dari BPJS Kesehatan Cabang Soreang Kabupaten Bandung, atas kepatuhan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) tahun 2022.

Penghargaan itu merupakan apresiasi BPJS kepada fasilitas kesehatan (Faskes) yang dinilai optimal dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS.

Sertifikat penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama RS UKM dr. Theresia Monica Rahardjo, disela penandatangan perpanjangan kerjasama rumah sakit yang ada di Kabupaten Bandung dengan BPJS Cabang Soreang, Kamis (19/1/2023).

Direktur Utama RS UKM Kabupaten Bandung dr. Theresia Monica Rahardjo mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari BPJS Cabang Soreang Kabupaten Bandung.

Baca Juga :  Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kuningan Tekankan Dan Beri Warning Terhadap Netralitas Asn

Dengan penghargaan tersebut, RS UKM dikatakan dr. Monica, bertekad untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap peserta atau pasien JKN – KIS (BPJS Kesehatan), serta menjadikan RS UKM yang terbaik.

“Dan tentunya terbaik ke dua ini kita ada tugas dan tanggung jawab. Yang pertama kita mempertahankan, yang kedua meningkatkan. Tentunya kita ingin menjadi yang terbaik pertama,”ucap Monica.

Meski demikian, untuk mempertahankan kredibilitas terbaik ke dua, menurut Monica merupakan tugas yang harus dilaksanakan dan terwujud.

“Kedepannya Insya Alloh bisa terbaik pertama,”harap dia.

Dalam melakukan penilaian kepatuhan FKRTL, ada beberapa hal yang menjadi indikator penilaian antara lain kesesuaian rumah sakit dalam memenuhi komitmen PKS, tingkat kepuasan peserta yang mendapat pelayanan, pelayanan kepesertaan (customer service), kecepatan respon terhadap keluhan, serta inovasi yang dikembangkan rumah sakit dalam memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

Baca Juga :  Dijuluki Wahana Air Tahunan, Daerah Sapan Kembali Terdampak Banjir

Selain itu, upaya perbaikan rumah sakit untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS juga menjadi poin tambah tersendiri dalam penilaian.

RS UKM dibawah kepemimpinan dr. Monica, sudah melakukan berbagai inovasi peningkatan pelayanan. Bukan hanya layanan kesehatan, namun juga layanan lainnya seperti mempermudah dan memperpendek waktu tunggu jalur administrasi, mulai pendaftaran hingga pengambilan obat.

Sementara pada penghargaan itu, terbaik pertama di raih RSUD Cicalengka dengan nilai 99,95, RS Unggul Karsa Medika (RS UKM) 99,72 dan RSUD Otista (Soreang) 99,71.

“Perbedaannya tipis, mudah-mudahan kita bisa menjadi terbaik pertama,”pungkas dr. Monica.