Santri, Pilar Kebijakan dan Inspirasi Perubahan

Jabartrust.com, Bandung, – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, merayakan Hari Santri Nasional dengan penuh penghormatan dan apresiasi dalam Istighosah yang diselenggarakan di Masjid At-Taqwa, Kota Bandung, Sabtu (21/10/2023).

Dalam sambutannya, Bey menyoroti peran sentral para santri dalam kehidupan umat Islam di seluruh dunia, mengakui bahwa mereka adalah pilar utama dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tekun.

“Dengan ilmu sebagai senjata kebijakan, mereka mendukung nilai-nilai kebaikan, keadilan, dan kasih sayang,” katanya.

Namun, peran santri tak hanya terbatas pada penjagaan nilai-nilai agama. Bey menyebutkan bahwa mereka juga memiliki peran bersejarah dalam perjuangan melawan penjajah. Dengan semangat keimanan, para santri telah memimpin dan memberikan inspirasi bagi seluruh bangsa.

Baca Juga :  Jambore Pemuda Kabupaten Bekasi Banyak Tenda Kosong, Kenapa?

Dalam kesempatan ini, Bey menyatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional adalah wujud penghargaan kepada para santri yang mewarisi semangat perjuangan masa lalu dan berkomitmen untuk meneruskan warisan tersebut. Tidak hanya itu, santri juga memiliki kontribusi yang tak tergantikan dalam pembangunan Jawa Barat.

“Mereka adalah pemimpin masa depan yang akan membawa kemajuan di berbagai sektor kehidupan,” kata Bey.

“Kami berharap mereka senantiasa diberi kekuatan, kesabaran, dan semangat untuk berjuang dalam menuntut ilmu, memperkuat iman, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” tambahnya.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini diadakan secara istimewa dengan pelaksanaan Istighosah di 27 kota dan kabupaten, secara hybrid. Selain itu, satu miliar Shalawat Nariyah dibacakan serentak di Provinsi Jawa Barat, menjadi simbol penghargaan terhadap peran penting para santri dalam membentuk masa depan bangsa dan agama.***(Red).

Baca Juga :  Satgas Pamtas Yon Armed 5/105 Tarik/PG Bantu Warga Cor Jalan di Desa Pa'nadokrayan