Sosialisasi Program Pemutihan PKB dalam rangka Optimalisasi Kinerja Pendapatan melalui Kolaborasi Samsat Masuk Kawasan Industri dan T-Samsat

JABARTRUST.COM, KARAWANG – Pada Kamis 18 Agustus 2022, Jasa Raharja Karawang, Bapenda Cabang Karawang,  Dishub Karawang, UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II, Unit Lalu Lintas Polres Karawang, dan bank BJB Karawang mengadakan Sosialisasi Program Pemutihan PKB dalam rangka Optimalisasi Kinerja Pendapatan melalui Kolaborasi Samsat Masuk Industri dan T-Samsat.

 

Kegiatan ini digelar di ball room hotel Akshaya, Telukjambe Timur, Karawang dan dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan di kawasan industri di wilayah kabupaten Karawang meliputi Kawasan Surya Cipta, Karawang International Industrial City (KIIC), Indotaisei, dan Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM). Dalam kegiatan ini hadir pula perwakilan dari Dinas Koperasi, Dinas Komunikasi dan Informasi, serta UPTD PSDA Citarum.

Baca Juga :  Bupati Kabupaten Cianjur meminta warga untuk sabar perihal CDOB Kabupaten Cianjur Selatan

 

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Karawang Arga Gotama menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas kinerja pelayanan untuk masyarakat. Programnya meliputi Pemutihan PKB (saat ini sedang berlangsung sampai dengan 31 Agustus 2022), Payment Point Online Banking (PPOB), dan T-Samsat.

Pemutihan PKB merupakan program pembebasan tunggakan PKB tahun ke-5. PPOB merupakan mekanisme tagihan pembayaran yang bekerjasama dengan perbankan secara online dan real time. Sedangkan T-Samsat merupakan produk tabungan dari bank BJB khusus untuk pembayaran PKB tahunan. Dengan menggunakan T-Samsat, pembayaran pajak dilakukan secara otomatis melalui sistem autodebet pada Tabungan Samsat.

 

Pelaksanaan program-program tersebut sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan sarana pelayanan demi kepatuhan dan ketaatan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaran bermotor serta bea balik nama kendaraan bermotor, tutup Arga.