Telkom University Gelar Pelatihan Penguatan Komunikasi Keluarga dan Perencanaan Bisnis UMKM bagi Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC)

Pelatihan Penguatan Komunikasi Keluarga dan Perencanaan Bisnis UMKM bagi Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta

JABARTRUST.COM, BANDUNG — Tim Kolaborasi Dosen Prodi Ilmu Komunikasi (S1) dan Prodi Magister Ilmu Komunikasi Telkom University bersama Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC) Indonesia  melakukan pelatihan penguatan komunikasi keluarga dan pelatihan membuat business plan UMKM bagi puluhan anggota Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC) yang hadir di Grand Tebu Hotel, Jalan LL Martadinata No 207 di Kota Bandung pada  Sabtu 26 November 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pengabdian Masyarakat sekaligus Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Telkom University, Dr. Nofha Rina, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Nofha Rina sangat mengapresiasi kolaborasi bersama Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC) yang diharapkan setelah pelatihan ini akan memberikan manfaar besar bagi seluruh anggota komunitas.

Baca Juga :  Festival Pecinan Wujud Persaudaraan Warga Cirebon

Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan materi pertama oleh Dr. Lucy Pujasari Supratman, S.S., M.Si mengenai pentingnya mengekspresikan bahasa kasih (love language) berkaitan dengan konflik para korban love scam yang dialami oleh anggota keluarganya sebagai proses healing (penyembuhan). Selain itu, lucy juga memaparkan tentang data statistik korban love scam di Indonesia dan Amerika beserta tips-tips menghindari jeratan love scammer bagi anggota keluarga yang memiliki pengalaman tersebut.

Pemateri kedua diisi oleh Berlian Primadani Putri, S.I.Kom, M.Si yang membicarakan tentang membuat perencanaan business plan melalui kewirausahaan UMKM. Dalam paparannya, ibu Berlian menjelaskan tentang cara-cara memulai bisnis UMKM serta strategi membangun bisnis agar berhasil dalam pengelolaan usahanya.

Baca Juga :  Kompetisi Senam Sehat Partai Demokrat Diikuti Ribuan Peserta

Selaras dengan materi sebelumnya, Diah Agung Esfandari, B.A. M.Si menguatkan materi sebelumnya tentang pembuatan business plan dengan memberikan kuis berupa materi-materi yang telah dijelaskan oleh para pemateri sebelumnya. Para anggota komunitas terlihat begitu antusias mengikuti kuis tersebut.

Ibu Diah tidak hanya memaparkan materi dan kuis saja tetapi juga melakukan simulasi dengan seluruh anggota Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC) pada aplikasi dari mobile phone masing-masing. Sesi ini dibantu oleh Ruth Mei Ulina Malau M.I.Kom serta  tim panitia mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan sinergi bagi kolaborasi Telkom University dan Komunitas Relawan Siaga Cerdas-Waspada Scammer Cinta (RSC-WSC) untuk membantu mengentaskan kejahatan digital (cyber crime) menuju Indonesia yang lebih baik. (red)

Baca Juga :  BNPB Bekali Personel di Daerah Untuk Meningkatkan Pemahaman PMK