TERUNGKAP! Ini Peran Masing-masing Para Tersangka Pembunuhan Tuti-Amel

JABARTRUST.COM, Subang – Masing-masing peran kelima tersangka kasus pembunuhan Tuti dan Amalia Mustika Ratu atau Amel terungkap saat polisi menggelar rekonstruksi, Rabu (11/22/2023). Kelima tersangka tersebut diantaranya, M Ramdanu atau Danu, Yosep Hidayah, Mimin Mintarsih, Arighi Reksa Pratama dan Abi Aulia.

Masing-masing peran kelima tersangka kasus pembunuhan Tuti dan Amalia Mustika Ratu atau Amel terungkap saat polisi menggelar rekonstruksi, Rabu (11/22/2023). Kelima tersangka tersebut diantaranya, M Ramdanu atau Danu, Yosep Hidayah, Mimin Mintarsih, Arighi Reksa Pratama dan Abi Aulia.

Pada rekonstruksi tersebut hanya diperagakan oleh kedua tersangka yaitu, Yosep suami sekaligus ayah korban, serta Danu keponakannya sekaligus sepupu korban. Sementara ketiga tersangka lainnya menolak melakukan rekonstruksi.

Baca Juga :  Pemkab Tasik Perkuat Deteksi Ancaman Radikalisme dan Terorisme

Meski hanya berbekal dari keterangan tersangka Danu, polisi pun mengungkap masing-masing peran dalam pembunuhan Tuti dan Amel.

Direktur Ditreskrimum Polda Jawa Barat, Kombes Pol Surawan menyebutkan bahwa dalam rekonstruksi tersebut, Yosep berperan sebagai eksekutor pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika. Sementara tersangka Danu, Arighi, dan Abi, ikut berperan ikut serta membantu dalam proses pembunuhan.

“Ya betul, Yosep sebagai eksekutor membunuh Tuti dan Amel. Pak Yosep mengeksekusi kedua korban menggunakan golok dan stik golf. Nah kalau tersangka lain, Danu, Arighi dan Abi perannya turut serta membantu pembunuhan,” ujar Surawan kepada wartawan.

Surawan menjelaskan, untuk satu tersangka lainnya yakni, Mimin istri muda dari Yosep berperan memandikan kedua korban usai dieksekusi oleh Yosep. “Kalau dari hasil keterangan Danu peran Bu Mimin memandikan kedua jenazah,” jelasnya.

Baca Juga :  Maju Di Pileg 2024, Adityarini Rangkul Kaum Milenial

Bantahan Mimin dan Keluarga

Mendengar dari hasil rekonstruksi itu, Mimin dan kedua anaknya Arighi dan Abi pun memberikan respons. Mimin dan kedua anaknya secara tegas menolak untuk mengikuti proses rekonstruksi. Dalam pengakuannya, Mimin dan kedua anaknya tidak berada di TKP saat kejadian melainkan berada di rumah di Cijengkol, Serangpanjang.

“Itu kata Danu, tapi tadi saya tetap menolak karena apa yang harus saya lakukan, saya nggak ada di situ, saya di rumah (saat kejadian). Kita tidak tahu masalah ini makannya saya tolak semuanya. Itu fitnah besar apa yang disampaikan oleh Danu,” ungkap Mimin.

Sekedar diketahui, rekontruksi sendiri menampilkan sebanyak 95 adegan. Adegan pertama dilakukan di lokasi Danu bekerja hingga adegan krusial di TKP pembunuhan Tuti dan Amel.

Baca Juga :  Viral Joget "Telanjang" di Kamar Hotel Betha Subang Saat Dibangunkan Sahur

Sebelumnya, kasus ini terungkap usai tersangka Danu menyerahkan diri kepada polisi beberapa waktu lalu. Danu sendiri kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pembunuhan Tuti dan Amel. Danu mengakui bila dirinya terlibat. ‘Nyanyian’ Danu membuat empat orang lainnya terseret. Mereka ialah Yosep ayah sekaligus suami korban, Mimin istri muda Yosep, kemudian anak tiri Yosep Arighi dan Abi.***(Harry)