Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Pelatihan, BKPSDM Luncurkan Aplikasi Dolanbae

JABARTRUST.COM, KOTA CIREBON – Sebagai upaya peningkatan pengelolan Pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia meluncurkan inovasi Aplikasi Dolanbae yaitu Dokumentasi Pelatihan Berbasis Elektronik.

Aplikasi Dolanbae merupakan trobosan terbaru dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha Evi Dian Widiastuty, SH, MM, guna mempermudah ASN dalam melakukan proses usulan Pelatihan.

Kasubag Tata Usaha UPT Penyelenggaraan Diklat dan Kesejahteraan Pegawai di BKPSDM Kota Cirebon, Evi Dian Widiastuty mengatakan, Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pengelolaan Pelatihan dan dokumentasi bagi ASN dan CPNS yang akan mengusulkan Pelatihan.

“Jadi Aplikasi ini tidak lagi memerlukan dokumen yang dicetak lagi, pada Aplikasi ini seluruh dokumen berbasis elektronik, yaitu hanya mengupload Surat Pengantar dari Perangkat Daerah, nama profil calon Pelatihan sdh terintegrasi dengan SIMPEG Kota Cirebon, dan untuk Surat Perintah sudah terprogram di Aplikasi tersebut serta dapat langsung di print, jadi semua dapat dikerjakan secara mudah dan sudah sesuai dengan SOP Layanan Aplikasi Dolanbae katanya, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga :  Miris, Pengelolaan Hutan Serampangan Akibat KHDPK

Dirinya melanjutkan, bagi ASN yang ingin melakukan usulan Pelatihan, dapat mengakses http://dianter.bkppdev.cirebonkota.go.id.

“Kelebihan aplikasi ini juga seluruh data dari ASN yang akan mengikuti pelatihan sudah langsung muncul pada aplikasi tersebut, selain itu juga peserta yang mengikuti diklat tersebut mendapatkan Sertifikat elektronik dan dapat didownload di aplikasi,” paparnya.

Evi menuturkan, aplikasi ini akan diterapkan secara bertahap, saat ini diterapkan pada lingkungan BKPSDM terlebih dahulu.

“Untuk 2 bulan ini kita terapkan dilingkungan BKPSDM saja, nanti kita menargetkan pada bulan ke 6 akan diterapkan diseluruh OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon,”tuturnya.

Ini juga, lanjut Evi, aplikasi ini mempunyai 3 hak pengguna yaitu pengguna biasa/calon perserta Pelatihan, Admin Perangkat Daerah dan Admin BKPSDM jadi aplikasi tersebut sudah terintegrasi secara baik.

Baca Juga :  Terpilih Sebagai Ketua Ferkushi, Zaenal Akan Kenalkan Cabor Kurash

Pendidikan dan Pelatihan bagi PNS ada 4 jenis Pelatihan diantaranya adalah, Pelatihan Kepemimpinan, Pelatihan Teknis, Pelatihan Fungsional, dan juga Pelatihan Latsar CPNS.

“ASN dapat mengusulkan atau mendaftarkan seluruh Pelatihan pada aplikasi ini, dan ini merupakan bentuk inovasi digitalisasi yang saya buat,” paparnya.

Dirinya berharap, aplikasi ini dapat bermanfaat dan mempermudah tentang proses usulan Pelatihan, dan dapat memberikan informasi data yang akurat bagi Stakholder yang berkepentingan.

“Dengan aplikasi ini proses yang dibutuhkan paling lama 1 menit dari masing masing Pengguna Aplikasi ini, jadi yang selama ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam melalui aplikasi ini lebih singkat,” tutupnya.

Selain itu dirinya juga, memperoleh dukungan dari Kepala BKPSDM Kota Cirebon berupa Anggaran Perubahan Tahun 2023 untuk kelanjutan rencana 6 bulan dan 1 tahun kedepan. ***(Sakti)