Transformasi Layanan Kesehatan di Puskesmas Cimandala Dapat Mengangkat Kualitas Kesehatan Kabupaten Bogor

Jabartrust, Bogor – Seiring dengan semangat transformasi di sektor kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, fokus khusus diberikan pada transformasi layanan primer. Pada hari Rabu, 29 November 2023, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat beserta rombongan dari Deputi Bidang Adpin dan Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX di Puskesmas Cimandala, Kabupaten Bogor.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk menilai kesiapan fasilitas layanan primer di Kabupaten Bogor dan sejauh mana kesiapan instansi terkait apabila integrasi pelayanan primer diterapkan di wilayah ini. Langkah ini diharapkan dapat memunculkan rekomendasi dari Komisi IX DPR RI kepada mitra kerja, guna mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar integrasi layanan primer dapat berjalan lancar, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan berkualitas kepada seluruh penduduk Indonesia.

Baca Juga :  Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Disebar ke 27 Kabupaten/Kota

Dalam kunjungan tersebut, Kementerian Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Perwakilan Perhimpunan Dokter Puskesmas (PDPKMI) Kabupaten Bogor, Perwakilan APKESMI Kabupaten Bogor, dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor juga turut serta. Kehadiran para pemangku kepentingan ini menjadi langkah strategis untuk mengevaluasi potensi dan tantangan dalam mengimplementasikan integrasi layanan primer di Kabupaten Bogor.

Dengan kunjungan ini, diharapkan dapat terbentuk sinergi yang lebih kuat antara pihak terkait, sehingga transformasi layanan kesehatan di Puskesmas Cimandala bisa menjadi model bagi wilayah lainnya. Upaya bersama ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat dan memberikan contoh nyata bahwa transformasi layanan kesehatan merupakan langkah yang strategis untuk mencapai visi kesehatan yang lebih baik bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. (Nonu)

Baca Juga :  Ridwan Kamil: Saya Bersaksi, Eril Wangi seperti Daun Eucalyptus