Upaya Bersama Menjamin Netralitas ASN dan Kepatuhan Aturan Pemilu

JABARTRUST.COM, KOTA BANDUNG – Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024, berbagai pihak terlibat dalam upaya untuk memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepatuhan terhadap aturan pemilu. Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, memimpin rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah daerah di Jawa Barat. Rapat ini berlangsung di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Bey Machmudin menekankan pentingnya netralitas ASN selama proses Pemilu 2024, yang akan mencakup pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD, serta kepala daerah. Netralitas, menurut Bey, tidak hanya berarti tidak memihak, tetapi juga berani menegakkan aturan dan tidak memberikan dukungan kepada pihak mana pun.

Baca Juga :  Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Laka Di Jakarta Utara

Selain itu, Bey meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjalankan perannya dengan lebih tegas dalam menegakkan aturan. Aturan pemilu sudah jelas, dan ASN diharapkan untuk menghormati dan mematuhi aturan tersebut.

Bey juga mendesak agar aset pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota tidak disalahgunakan untuk kepentingan kampanye politik. Untuk menghindari penyalahgunaan, pemda diminta untuk mengeluarkan aturan tertulis yang mengatur penggunaan gedung dan aset pemerintah selama periode kampanye. Hal ini juga mencakup larangan penggunaan aset pemerintah dalam kampanye politik.

Bey menekankan pentingnya kolaborasi, koordinasi, dan sinergi antara pemda provinsi, pemda kabupaten dan kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Bawaslu dalam menjalankan Pemilu 2024 dengan sukses dan menjaga netralitas ASN.

Baca Juga :  Baru jabat 7 Bulan, Kepsek Smkn 1 Karang Tengah Ciptakan Program SMK Membangun Desa