Wisata Pangandaran Jadi Lokomotif Ekonomi Jabar

Jabartrust.com, Pangandaran, – Pangandaran telah lama menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, menjelaskan bahwa Pangandaran adalah magnet yang menarik perhatian berbagai segmen masyarakat dari berbagai lapisan sosial.

“Sektor pariwisata di Pangandaran telah menjadi lokomotif ekonomi Jawa Barat. Keindahan alamnya yang mempesona membuat Pangandaran menjadi destinasi yang populer,” kata Benny saat menghadiri Kirab Budaya dan Kreasi Seni di Pangandaran pada Senin (23/10/2023).

Pangandaran telah memainkan peran kunci dalam perkembangan ekonomi di Jawa Barat selatan, dan pemerintah berencana untuk memperkuat posisinya sebagai magnet pariwisata. Benny menjelaskan, “Kami berupaya untuk membuat Pangandaran dan Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat Selatan menjadi magnet pariwisata. Konsep ini akan mencakup daerah mulai dari Ciletuh hingga Pangandaran.”

Baca Juga :  BAKTI dan Diskominfo Jabar Tampung Usulan Kota/Kabupaten Tanggulangi Blankspot Internet

Selain potensi alamnya, Jawa Barat juga kaya akan keberagaman budaya. Benny menggarisbawahi kebutuhan untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya ini. “Jawa Barat memiliki tiga wilayah budaya yang berbeda, yaitu Sunda Betawian, Sunda Priangan, dan Sunda Cirebon. Penting untuk menjaga warisan budaya ini agar tetap hidup,” kata Benny.

Budaya Pangandaran dan Jawa Barat secara keseluruhan juga dihormati dan dirayakan melalui tradisi budaya seperti kirab budaya yang merayakan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran yang ke-11. “Kebudayaan seperti ini adalah bagian integral dari identitas daerah ini, dan kami berkomitmen untuk melestarikannya sebaik mungkin,” tegas Benny.

Pangandaran terus menjadi pusat perhatian dalam pengembangan pariwisata dan pemeliharaan kekayaan budaya di Jawa Barat, menciptakan peluang ekonomi dan memperkuat identitas budaya yang khas. ***(Red).

Baca Juga :  Pastikan Jaminan Keabsahan Ahli Waris, Petugas Jasa Raharja Karawang Lakukan Survey