Bunyi Berdecit Pada Rem Motor, Ini Masalahnya

JABARTRUST.COM, BANDUNG, – Rem merupakan komponen penting dalam kendaraan, utamanya berfungsi untuk keselamatan. Termasuk pada kendaraan jenis motor tentunya, ada berbagai masalah dalam bagian yang satu ini, mulai dari rem yang tak berfungsi, fungsi yang menurun, termasuk muncul nya bunyi pada rem.

Bunyi pada rem merupakan bukan masalah besar, namun sangat mengganggu dalam berkendara. Terdapat beberapa penyebab rem bunyi pada motor. Berikut ini adalah penyebab rem bunyi berdecit pada motor.

  1. Cakram Rem Bermasalah

Penyebab pertama dari rem bunyi berdecit pada motor saat melakukan pengereman adalah karena adanya masalah pada cakram rem motor Anda. Jika sudah mulai muncul bunyi, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada cakram rem motor Anda masih rata atau tidak.

Jika cakram memang sudah tidak rata, maka bisa jadi itu menjadi penyebab bunyi berdecit pada saat melakukan pengereman. Cakram yang sudah tidak rata juga berbahaya untuk keselamatan jika dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, segeran Anda melakukan servis di bengkel dan melakukan pergantian cakram.

Baca Juga :  Suhanda Abrizi Nahkodasi Aliansi Jurnalis Bogor

  1. Kampas Rem Mulai Tipis

Penyebab lain dari rem bunyi berdecit adalah karena kampas rem yang sudah mulai tipis. Gejala dari kampas rem tipis bisa dirasakan dengan cengkraman rem yang sudah tidak terlalu kuat dari sebelumnya. Hal itu menyebabkan fungsi rem menurun dan Anda hanya akan mendengar decitan.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan pada kondisi kampas rem motor Anda. Jika sudah tidak layak untuk dipakai, maka Anda bisa melakukan servis di bengkel dan mengganti kampas rem dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar rem berfungsi dengan normal lagi dan tidak bunyi berdecit lagi.

  1. Kampas Rem Kotor

Selain kampas rem yang mulai tipis, penyebab rem bunyi berdecit juga bisa berasal dari kampas rem yang kotor. Kotoran atau debu yang menempal pada cakram atau masuk ke dalam kampas rem bisa menjadi penyebab timbulnya suara berdecit pada saat melakukan pengereman.

Baca Juga :  Setelah Hampir Empat Bulan Lelang Hasil Laut Dan Pendapatan Nelayan Menurun Drastis

Jika kotoran atau debu ini dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan kotoran itu menjadi kerak. Sehingga akan menimbulkan bunyi berdecit pada saat kampasĀ  bergesek dengan kerak yang ada di cakram. Oleh karena itu, Anda diharuskan membersihkan motor agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel.

  1. Cakram Terkena Air

Penyebab terakhir mungkin sudah banyak diketahui banyak orang dan sudah wajar terjadi. Karena pada saat membersihkan kotoran atau debu yang menempel di cakram, maka akan menyebabkan cakram menjadi kesat. Sehingga hal itu menyebabkan bunyi berdecit pada saat melakukan pengereman.

Suara berdecit yang disebabkan karena terkena air bisa hilang dengan sendirinya. Jadi, Anda tidak perlu panik saat mendengar suara berdecit setelah membersihkan motor Anda.

Baca Juga :  Musik Bandung Gelar Audisi Model Video Klip, Gandeng Abiel Jatnika KZ

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai sebab mengapa bisa muncul suara berdecit pada rem motorĀ Anda suatu waktu. Jadi, mulai sekarang tidak usah bingung dan panik, cukup kamu pastikan empat hal di atas saja. Kalau memang sesuai dengan salah satu poin di atas, kamu bisa segera mengambil tindakan.***(Red).