Delapan Rasa, Es Puter Jadul To The Next Level

es puter jadul to the next level

JABARTRUST.COM, BANDUNG — Mendengar kata es puter, memori kita akan kembali ke masa di era tahun 90-an dimana es krim lokal ini menjadi primadona anak-anak pada zamannya. Nah, di kota bandung seorang ibu rumah tangga berhasil mengkreasikan es krim jadul ini menjadi jajanan kekinian. Dalam sebulan 1500 hingga 2500 jar,  berhasil ludes terjual.

Selain terkenal karena keberagaman kuliner yang berat maupun ringan, indonesia juga memiliki aneka minuman yang menyegarkan jauh sebelum hadirnya aneka es krim impor seperti gelato dari italia , es krim mochi dari jepang, ataupun dondurma dari turki.

Namanya es puter, proses pembuatannya  dilakukan dengan cara semi tradisional. Hampir seluruh prosesnya dilakukan secara manual, terkecuali dalam proses penggilingan es batu  memakai mesin penggiling es, sehingga dijamin rasa es puter  ini jauh lebih nikmat.

Baca Juga :  Ribuan Pengunjung Wisata Alam Gunung Dago Asik Nikmati Keindahan Alam Hingga Wahana Air

Adalah Itha Tantiana, seorang ibu rumah tangga asal kota bandung, yang berhasil mengkreasikan es puter jadul menjadi jajanan kekinian.

Itha Tantiana, Founder Es Puter Delapan Rasa

Es puter delapanrasa lahir pada pertengahan tahun 2020 sebagai bisnis rumahan di masa pandemic, awal mula berbisnis  dengan pemasaran dari mulut ke mulut hingga berjalannya waktu pemasaran berkembang menjadi pemasaran online dan system reseller.

Berjualan secara online di sosial media dan menerapkan sistem reseller, terbukti saat ini reseller yang sudah menyebar di hampir seluruh kota di jawa barat. Es puter delapanrasa ingin membuktikan bahwa produk lokal salah satunya es puter yang terkesan jadul, memiliki kualitas yang bisa disandingkan dengan produk2 es kekinian lainnya.

“ Harapan kami ingin mensejajarkan produk produk local dengan produk dari luar negeri karena kita bisa lebih berkembang lebih berkreasi lagi dengan prodak local karena semuanya memang tersedia di Indonesia dari buah buah tropisnya kita semua lengkap dari rasa nya kita bisa ulik sedemikian rupa sehingga kita tidak akan serupa dengan produk luar lainnya.

Baca Juga :  Komisi C DPRD Kota Bandung Soroti Penumpukan Sampah Pasca Libur Lebaran 2023

Es puter itu sesuatu yang betul betul unik memorable menjadi produk local yang kita unggulkan tidak kalah dari produk es krim kekinian dari luar seperti gelato atau apapun lainnya kita bisa bersaing kok ” Ujar Itha Tantiana, Founder Es Puter Delapan Rasa.

Antusias masyarakat terhadap es puter ini sangat luar biasa, karena memiliki rasa yang otentik dengan buah buahan asli dan rasa khas yang sangat kuat dan variasi rasa. Es puter ini dijamin tidak memiliki kandungan pengawet, gula buatan dan perasa buatan.

Pada awal berdirinya es puter delapan rasa dimulai dengan 3 varian rasa dan sekarang telah memiliki berbagai  diantaranya, varian rasa kelapa, rasa durian, rasa alpukat, rasa ketan hitam, rasa strawberry,  rasa choco supreme, rasa blueberry “.

Baca Juga :  3 orang tewas saat Bus Pariwisata City Trans Utama masuk jurang

“ Pas awal awal dikasih temen terus abis itu kok enak banget yaudah aku nanya kontaknya terus kesini deh, order ketujuh soalnya sebulan tuh pasti ada aja deh, biasanya dengan roti atau langsung dari jar nya” Ujar Salah Satu konsumen, Sinta Ratnasari.

Per bulan rata-rata bisa terjual 1500  hingga 2500 jar, dengan harga berkisar 60 ribu hingga 85 ribu. Es puter  ini pemasarannya telah tersebar ke seluruh provinsi di indonesia  dan sering dijadikan oleh oleh khas bandung untuk dibawa konsumen keluar pulau jawa. ***